Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

5 Hal yang Harus Anda Ketahui Dalam Memilih Data Logger Suhu Sesuai dengan Kebutuhan di Tempat Lokasi

Akurasi pengukuran ditawarkan oleh sebagian besar produsen data logger di dunia, HOBO memberikan solusi untuk tingkat akurasi tinggi dengan harga terjangkau

Data Logger suhu bertenaga baterai banyak digunakan oleh Pekerja kontraktor, teknisi servis, dan insinyur yang bertanggung jawab untuk memantau kondisi lingkungan dalam ruangan, menyelidiki keluhan kenyamanan penghuni, menyesuaikan penurunan suhu, dan mengevaluasi HVAC/R (Pemanasan/Ventilasi/Sistem AC/Pendingin). Pencatat data suhu adalah juga digunakan oleh ilmuwan penelitian, ahli ekologi, dan ahli hidrologi yang ingin terus memantau suhu tanah, udara, dan air tanpa harus menyala lokasi.

Data Logger, dalam banyak kasus, mudah digunakan, dan dapat digunakan sebagai perangkat yang berdiri sendiri tanpa komputer. Lebih penting lagi, pengukuran akurasi yang ditawarkan oleh pencatat data tercanggih saat ini menyaingi kinerja banyak sistem akuisisi data berbasis komputer dengan harga lebih tinggi.

Namun, tidak semua pencatat data suhu dibuat sama, dan dengan begitu banyak pilihan yang tersedia saat ini, mungkin sulit untuk mengetahui mana yang benar untuk aplikasi Anda. Apakah Anda perlu mengukur berbagai kondisi, atau hanya satu parameter? Apakah aplikasi Anda memerlukan pemberitahuan alarm saat kondisi melampaui ambang batas tertentu? Akankah pencatat data tahan terhadap kekerasan? lingkungan? Apakah harus tahan cuaca atau tahan air? Seberapa sering?
Anda perlu membongkar data? Apakah Anda akan melihat data yang dikumpulkan di komputer, atau
perangkat seluler?

Baik Anda pengguna pencatat data berpengalaman, atau baru memulai, ini
artikel dapat membantu Anda selama proses pemilihan pencatat suhu. Ini menunjuk
beberapa pertimbangan yang paling penting untuk diingat, dan menawarkan tips
pada fitur-fitur tertentu.

1. Ketahui kebutuhan akurasi data logger anda

Apa pun yang perlu Anda ukur, pahami pengukuran Anda persyaratan akurasi sangat penting. Misalnya, jika Anda memantau suhu AC di ruang kantor, Anda mungkin hanya memerlukan akurasi pengukuran suhu +/- 1C, saat memantau kondisi di laboratorium penelitian mungkin memerlukan akurasi yang jauh lebih besar. Atau saat memantau aliran untuk kesesuaian untuk spesies ikan tertentu, misalnya akurasi pada orde 0,2C adalah biasanya diperlukan.

Spesifikasi akurasi sangat bervariasi di antara berbagai jenis pencatat data, dan pemahaman yang baik tentang persyaratan akurasi tertentu akan membantu Anda hindari pembayaran untuk akurasi yang mungkin tidak Anda perlukan. Saat melihat akurasi spesifikasi untuk pencatat data tertentu, pastikan untuk mencari bagan yang menunjukkan akurasi di seluruh rentang pengukuran, bukan hanya satu nilai. Itu akurasi yang dapat dicapai oleh pencatat data pada ujung tinggi atau rendah dari rentang tertentu
mungkin jauh berbeda dari akurasi di tengah jangkauan.

Faktor penting lainnya adalah resolusi data logger; yaitu banyaknya peningkatan nilai yang dapat dilaporkan oleh pencatat data. Sebagai contoh, pencatat data dengan resolusi 12-bit dapat melaporkan 4.096 nilai selama waktu tertentu kisaran suhu. Meskipun pencatat data 16-bit mungkin menawarkan lebih banyak resolusi daripada model 12-bit, penting untuk diingat bahwa resolusi yang lebih tinggi tidak
tentu berarti pengukuran yang lebih baik.

Jika Anda tidak yakin tentang akurasi data logger dan persyaratan resolusi aplikasi Anda, pemasok data logger yang berpengalaman harus dapat membantu Anda menentukan produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda

Menggunakan Data Logger Suhu

1. Konfigurasi dan Mulai Merekam

Instal dan mulai CD HOBOware di komputer Anda.
Hubungkan pencatat data Anda ke komputer Anda melalui USB dan atur parameter. (Pencatat data BLE dapat dikonfigurasi dan diluncurkan nirkabel, setelah penerapan.)

2. Instalasi di Lokasi yang Anda Inginkan

Install data logger di lokasi yang diinginkan. Mengamankannya di tempat bisa sesederhana menggunakan magnet, sekrup, atau lanyard untuk mengikatnya ke dinding

3. Unduh atau akses data

Setelah pemantauan yang diinginkan titik, sambungkan kembali data logger ke komputer, dan luncurkan perangkat lunak untuk membaca data. Dengan logger BLE, datanya diunduh langsung ke perangkat seluler Anda.

4. Memproses/menganalisis data

Perangkat lunak data logger memungkinkan Anda untuk menggabungkan dan membandingkan data, dan
menampilkan pengukuran dalam grafik yang menunjukkan profil lembur

Data logger suhu nirkabel mengirimkan data suhu / RH yang akurat dari puluhan poin ke lokasi sentral dengan teknologi Bluetooth dan Online Monitoring

2. Antisipasi kebutuhan akses data Anda

Dengan  data logger mandiri yang paling sederhana, data suhu secara langsung diturunkan ke komputer melalui antarmuka USB. Namun, dalam banyak kasus, itu tidak praktis untuk membawa komputer ke situs, juga tidak selalu nyaman untuk membawa data logger kembali ke komputer kantor. Dalam kasus seperti itu, pengambilan data dari penebang yang berdiri sendiri malah dapat dengan mudah dan cepat dicapai menggunakan perangkat berukuran saku yang disebut data shuttle. Dengan antar-jemput (atau tahan air antar-jemput), Anda dapat mengunduh dan menyimpan data yang dikumpulkan tanpa harus
interupsi atau pindahkan logger, dan kemudian hubungkan antar-jemput ke komputer untuk mengunduh dan menganalisis data.

Data logger suhu nirkabel dapat mengirimkan suhu/ kelembaban relatif (RH) data dari puluhan titik ke lokasi pusat. Dengan pengaturan jaringan, tugas pengambilan manual dan pembongkaran data dari penebang individu dihilangkan.

Sistem pencatatan data berbasis web memungkinkan akses jarak jauh waktu nyata ke suhu dan jenis data lainnya melalui seluler, Wi-Fi, atau komunikasi Ethernet , dan dapat dikonfigurasi dengan berbagai macam sensor plug-and-play. Data dapat diakses dengan mudah melalui situs web yang aman atau terintegrasi ke dalam sistem kustom dengan serangkaian layanan web yang relatif sederhana untuk diterapkan.

Data logger yang menggunakan ukuran teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) dan mengirimkan data suhu secara nirkabel ke perangkat seluler lebih dari 100 kaki jangkauan. Ini sangat berguna dalam aplikasi di mana pencatat data perlu ditempatkan di ruang yang sulit dijangkau atau di area dengan akses terbatas di dalam fasilitas

Manual USB

Pencatatan tren jangka pendek atau jangka panjang dengan pembongkaran manual

Wireless Bluetooth

Akses data nirkabel melalui ponsel perangkat

Wireless WIFI

Data terpusat koleksi jarak pendek

Sistem Online Monitoring Berbasis Web

Akses internet nirkabel jarak jauh

3. Cari fitur hemat waktu

Waktu adalah uang, jadi Anda pasti ingin memastikan pencatat data suhu yang Anda pilih memiliki seperangkat fitur yang akan membuat proses penyebaran lapangan sederhana dan dapat diandalkan. Berikut adalah beberapa fitur yang ingin Anda pertimbangkan:

  • Kapasitas memori – Pastikan pencatat memiliki memori yang cukup untuk memungkinkan penerapan yang lebih lama dengan kunjungan situs yang lebih sedikit. Logger berbiaya rendah dapat menyimpan 6.000 pengukuran yang cukup untuk beberapa aplikasi. Untuk penerapan yang lebih lama atau pencatatan yang lebih cepat, pencatat berkapasitas lebih tinggi adalah tersedia dengan kapasitas lebih dari 1 juta pengukuran.
  • Fleksibilitas penerapan – Karena pencatat suhu biasanya digunakan di berbagai lingkungan dan ruang, mereka sering kali perlu dipasang dengan cara yang berbeda. Cari opsi seperti memasang lubang tali, magnet, tali pengikat, dan strip perintah untuk merampingkan pemasangan proses dan membantu memastikan penyebaran yang andal.
  • Daya Tahan – Pilih logger yang kokoh dan tahan lama penyebaran di lingkungan yang keras, termasuk kondisi cuaca ekstrim atau perendaman dalam air tawar atau air asin, jika diperlukan.
  • Tampilan visual – Pencatat suhu dengan tampilan LCD memungkinkan Anda untuk mengkonfirmasi secara visual operasi logger dan status baterai di lapangan, menghilangkan kebutuhan untuk menghubungkan logger ke komputer untuk melihat informasi.
  • Tombol tekan Start & Stop – Pencatat suhu yang dapat Anda mulai, berhenti, atau lanjutkan dengan menekan satu tombol dapat membuat hidup lebih mudah saat berada di lokasi pekerjaan.
  • Pembaruan firmware – Pencatat suhu dengan firmware yang dapat Anda upgrade dari lapangan menawarkan kenyamanan yang jauh lebih besar daripada harus mengirim unit kembali ke produsen untuk upgrade.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk mencari fitur yang dapat menghemat waktu saat membongkar
dan menganalisis data. Beberapa pencatat suhu, misalnya, dapat beroperasi di mode pencatatan statistik di mana mereka terus menghitung dan menampilkan minimum, maksimum, rata-rata, dan standar deviasi untuk pengukuran sebagai mereka sedang direkam. Ini menghilangkan kebutuhan untuk pasca-proses data ke menghasilkan statistik ini.

Pencatat data BLE tidak memerlukan peralatan khusus di luar
smartphone atau tablet untuk mengonfigurasi logger dan membaca data, menyimpan
baik waktu maupun uang.

Perangkat lunak harus memungkinkan Anda untuk melakukan dengan cepat dan mudah tugas-tugas seperti mengonfigurasi parameter, mulai data logger, dan membongkar data, dengan kesederhanaan titik-dan-klik.

4. Jangan mengabaikan perangkat lunak

Sama seperti ada banyak jenis pencatat suhu yang tersedia, di sana juga berbagai jenis paket perangkat lunak grafik dan analisis data. Secara umum, cari perangkat lunak yang berbasis Windows atau Macintosh, tergantung pada kebutuhan Anda, dan sangat intuitif sehingga kurva belajarnya minimal.
Perangkat lunak harus memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah melakukan tugas-tugas seperti:
mengonfigurasi parameter, memulai pencatat data, dan membongkar data, dengan kesederhanaan titik dan klik. Paket tertentu memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi dan membaca secara batch mengeluarkan ratusan penebang dengan sangat cepat.

Paket perangkat lunak pencatatan data juga harus menawarkan perencanaan data yang kuat kemampuan, dengan kemampuan untuk dengan mudah menggabungkan, menambahkan, dan memotong data, dan mengaktifkan Anda untuk dengan mudah mengekspor data ke program lain, seperti Microsoft Excel, untuk analisis.

Untuk pencatat data BLE, Anda memerlukan aplikasi yang memungkinkan Anda mengonfigurasi pencatat data, melihat data dalam grafik, berbagi file data untuk analisis di Excel, Numbers, dan lainnya
aplikasi, dan menyimpan data di cloud.

5. Pertimbangkan kebutuhan daya

Secara keseluruhan, pencatat data adalah perangkat berdaya sangat rendah. Namun, karena mereka
digunakan dalam berbagai kondisi lingkungan dan sampel pada tingkat yang berbeda, masa pakai baterai dapat sangat bervariasi. Sebagai aturan umum, pastikan pencatat data yang Anda pilih memiliki masa pakai baterai minimal satu tahun pada tingkat logging yang Anda butuhkan. Untuk beberapa situasi terpencil, Anda mungkin ingin menyelidiki apakah bertenaga surya pilihan tersedia.

Anda juga harus melihat apakah baterai logger dapat diganti. Baterai yang dapat diganti pengguna adalah yang paling nyaman, karena ini dapat menghilangkan waktu dan biaya pengiriman logger kembali ke pabrik untuk baterai penggantian. Pencatat data yang menggunakan baterai rumah tangga standar menawarkan kenyamanan yang lebih besar daripada yang membutuhkan baterai khusus. Baterai di beberapa penebang tidak dapat diganti; dalam hal ini logger harus diganti jika baterai habis.

Contoh Aplikasi Pencatatan Suhu

Pelestarian Museum

Tantangan :

• Mencegah kerusakan koleksi museum sejarah alam
• Mematuhi batasan yang terkait dengan bangunan bersejarah
• Pantau dan pertahankan suhu/tingkat RH yang stabil di seluruh 420.000 kaki persegi ruang museum

Solusi :

• 50 pencatat data nirkabel dengan terintegrasi sensor suhu dan RH
• Penyebaran node data secara diam-diam melalui strip perekat 3M tanpa tanda
• Data waktu nyata, potensi notifikasi instan, dan memori buffer terpasang untuk memastikan tidak ada data yang hilang

Hasil :

• Pembongkaran data yang nyaman dari berbagai lokasi
• Identifikasi, diagnosis, dan resolusi segera dari disfungsi peralatan HVAC

Pemantauan Iklim

Tantangan :

• Mengelola risiko pertanian yang terkait dengan cuaca dan hama; meminimalkan penggunaan pestisida
• Sepenuhnya memanfaatkan kekuatan model berbasis cuaca
• Menyediakan alat pendukung keputusan yang mudah digunakan yang tidak melibatkan pekerjaan tambahan untuk petani

Solusi :

• Penyebaran stasiun cuaca berbasis web di tempat
• Transmisi suhu udara langsung, kelembaban relatif, kecepatan angin, dan data cuaca tambahan ke Internet melalui modul komunikasi Wi-Fi terintegrasi

Hasil :

• Data cuaca spesifik pertanian yang dapat diakses, akurat
• Informasi membantu petani dengan keputusan pengelolaan hama yang dapat ditindaklanjuti

Pemantauan Suhu Penyimpanan Dingin

Tantangan :

• Menjaga standar kualitas/keamanan yang tinggi di perusahaan produksi makanan
• Menerapkan sistem pemantauan suhu cadangan yang andal dalam cuaca dingin area penyimpanan

Solusi :

• Beberapa pencatat data suhu
• Suhu direkam pada interval lima menit, sepanjang waktu
• Data dianalisis berdasarkan kebutuhan, dengan verifikasi setidaknya sebulan sekali

Hasil :

• Korelasi alarm sistem otomasi gedung dengan pembacaan waktu dari pencatat data
• Tingkat jaminan kedua bahwa suhu yang tepat dipertahankan
• Data suhu waktu nyata pada layar LCD yang mudah dibaca

Pemantauan Air

Tantangan :

• Memulihkan dan melestarikan ekosistem air tawar
• Turunkan suhu aliran untuk meningkatkan habitat kolam bagi ikan asli
• Mendukung populasi ikan yang lebih sehat dan populasi berang-berang yang lebih besar

Solusi :

• Buat koneksi aktif antara tiga mata air alami dan sungai kecil untuk menyediakan sumber air dingin baru dan aliran sungai tambahan
• Pasang pencatat data suhu air di atas dan di bawah setiap mata air pertemuan dengan sungai untuk mengumpulkan data suhu aliran sebelum dan sesudah proyek

Hasil :

• Memetakan aliran-aliran dan informasi suhu dari data yang dikumpulkan pada interval 30 menit dan diunduh sekitar empat kali per tahun melalui HOBO Waterproof Shuttle
• Data membantu menentukan seberapa efektif sambungan mata air ke sungai dalam menurunkan suhu aliran

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga