Apa Itu Vibration Tester?

Getaran merupakan bagian integral dari mesin dan proses industri. Namun, getaran yang berlebihan atau abnormal dapat menunjukkan masalah yang dapat menyebabkan biaya perbaikan yang mahal atau bahkan kegagalan yang fatal. Di sinilah pengukur getaran diperlukan.Vibration tester atau pengukur getaran adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan menganalisis getaran pada mesin atau struktur.

Pada umumnya, pengukur getaran menggunakan accelerometer untuk mengukur besarnya getaran. Data getaran tersebut kemudian dianalisis menggunakan FFT analyzer untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci tentang karakteristik getaran. Dari hasil analisis tersebut, dapat diketahui apakah mesin atau struktur dalam kondisi baik atau memerlukan perbaikan.

Pengukur getaran biasanya digunakan sebagai bagian dari program pemantauan kondisi untuk mencegah kegagalan mesin atau struktur. Dengan memonitor getaran secara teratur, masalah dapat dideteksi sebelum menjadi lebih serius, sehingga perbaikan dapat dilakukan sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah.

Selain itu, pengukur getaran juga digunakan dalam pengujian kejut dan pengujian dinamik pada produk dan komponen. Pengujian kejut dan pengujian dinamik digunakan untuk memastikan bahwa produk atau komponen tahan terhadap guncangan dan getaran yang dapat terjadi selama penggunaan.

Untuk menggunakan pengukur getaran dengan benar, pengguna harus memahami dasar-dasar getaran dan teknik pengukuran. Selain itu, pengguna juga harus memahami cara membaca dan menginterpretasikan data yang diperoleh dari pengukur getaran.

Dalam kesimpulannya, pengukur getaran adalah alat yang penting dalam pemantauan kondisi mesin dan struktur. Dengan menggunakan pengukur getaran secara teratur, masalah dapat dideteksi sebelum menjadi lebih serius, sehingga perbaikan dapat dilakukan sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah. Oleh karena itu, pengukur getaran merupakan investasi yang penting bagi perusahaan untuk menjaga keandalan dan kinerja mesin dan struktur mereka.

Vibration testing atau uji getaran dapat mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan mesin, efisiensi, produktivitas yang lebih baik, estimasi & jadwal operasi. Dengan mengumpulkan dan menyusun data dari masa pakai keausan dan tekanan mesin ke dalam waktu singkat, uji getaran membantu dengan memberikan wawasan tentang status dan kondisi kerja mesin, struktur, dan bahkan produk.

Bagaimana Uji Getaran Dapat Membantu Produksi?

Uji getaran dilakukan dengan mereplikasi kondisi (di bawah lingkungan uji) yang mungkin dialami oleh produk, mesin, atau struktur selama masa pakai termasuk kondisi selama pengiriman maupun operasi. Oleh karena itu, uji getaran dapat mengantisipasi masalah kinerja dan kegagalan potensial bahkan sebelum terjadi.

Selain itu, industri dengan siklus produksi 24 jam membutuhkan proses dan sistem uji getaran dan pemantauan yang kritis. Dalam industri yang intensif produksi seperti Minyak & Gas, Pembangkit Listrik, Logam & Pertambangan, dll., kegagalan atau waktu henti dari setiap mesin atau perangkat menyebabkan hilangnya efisiensi & biaya produksi yang lebih tinggi dan juga lingkungan kerja yang tidak aman. Oleh karena itu, industri ini memerlukan pemantauan dan pengujian getaran yang terus-menerus dan teratur.

Berikut manfaat pemantauan dan pengujian getaran :
  • Mendeteksi tanda-tanda peringatan dini akan kegagalan mesin yang akan terjadi.
  • Untuk meningkatkan interval pemeliharaan. Jika kesehatan mesin dipantau secara teratur, pemeliharaan dapat dijadwalkan sesuai kebutuhan & tidak tergantung pada jam operasi.
  • Dalam menghemat biaya dan membuat mesin lebih dapat diandalkan, karena ada lebih sedikit kegagalan yang tidak terduga.
  • Memperpromosikan keselamatan, karena ketika operator memiliki wawasan tentang kesehatan mesin, mereka dapat menonaktifkan peralatan yang rusak sebelum terjadi kecelakaan atau bencana.
  • Dengan menyediakan data yang mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan mesin, efisiensi, dan produktivitas yang lebih baik, perkiraan & jadwal operasi.
  • Produsen dengan memastikan keandalan, ketahanan, dan kualitas akhir dari produk dan komponen mereka – dengan menguji kejutan dan tekanan yang dapat ditangani oleh produk dalam masa pakai.

Apa Itu Vibration Tester/Meter?

Vibration Meter atau Vibration Tester adalah instrumen elektronik yang dapat memproses sinyal getaran menggunakan sensor yang menghasilkan sinyal tegangan dari getaran yang dirasakannya saat bersentuhan dengan mesin. Sinyal ini ditransmisikan ke instrumen melalui kabel dan digunakan untuk mengukur percepatan getaran, yang merupakan ukuran dari laju perubahan kecepatan, kecepatan getaran (kecepatan), dan/atau pergeseran getaran mesin dan ditampilkan dengan presisi tinggi pada meteran. Sebagian besar meter ini dapat merekam data ini dari waktu ke waktu dengan pemutar data bawaan dan bahkan menyajikan laporan analitik dari data dari waktu ke waktu.

Portable dan hand-held Vibration Tester mudah digunakan untuk pengujian dan analisis getaran, tidak memerlukan pelatihan yang ekstensif, dan sangat berguna untuk memantau dan mendiagnosis masalah dengan bantalan, mesin, pompa, dan komponen mesin lainnya. Mereka membantu dalam pemantauan kondisi mesin, pengujian produk, dan jaminan kualitas.

Instrumen ini membantu insinyur pemeliharaan dan kualitas yang berada di lapangan, untuk melakukan pengujian dan analisis getaran yang cepat dan mudah serta membantu mereka memeriksa kondisi peralatan dan menyelidiki masalah saat mesin masih bekerja dan berjalan, yang pada gilirannya membantu dalam mencegah downtime dengan mendeteksi tanda-tanda peringatan dini dan kegagalan yang akan terjadi.

TIME Vibration Tester

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga