Bahaya Kadar CO2 yang Tinggi di Dalam Ruangan

Saat mendengar polusi udara, kebanyakan orang mungkin membayangkan tumpukan asap atau knalpot mobil memenuhi udara dengan asap hitam yang berbahaya. Namun peningkatan karbon dioksida atau CO2 di dalam ruangan juga merupakan masalah besar. Menurut penelitian, rata – rata manusia menghabiskan waktunya 90% berada di dalam ruangan.

Jadi, apa itu CO2 atau karbon dioksida?

Dikutip dari encyclopedia.com, karbon dioksida (CO2) adalah gas berat yang tidak berbau, tidak berwarna, rasanya agak asam, dan tidak mudah terbakar (pada suhu ruangan) yang dilepaskan selama respirasi, pembakaran, dan penguraian zat organik.

Faktor yang mempengaruhi peningkatan CO2 di dalam ruangan

  1. Banyaknya orang di dalam suatu ruangan
  2. Tingkat aktivitas penghuni (tingkat metabolisme)
  3. Lamanya waktu yang dihabiskan penghuni
  4. Pembakaran (memasak dan eksperimen menggunakan pembakar bunsen)
  5. Tingkat ventilasi (pertukaran udara luar dengan udara dalam ruangan perjam)
  6. konsentrasi CO2 di luar ruangan

Apa pengaruh peningkatan CO2 di dalam ruangan?

  • Konsentrasi CO2 dalam ruangan lebih dari 1.000 ppm menyebabkan gangguan dan disfungsi kognitif
  • Standar bangunan yang ketat meningkatkan risiko sick building syndrome dan kesehatan penghuni yang buruk
  • Kantor, sekolah, fasilitas kesehatan, pusat kebugaran, dan rumah seringkali melebihi tingkat CO2 yang sehat
  • Bangunan dengan tingkat metabolisme yang tinggi seperti gym, pusat kebugaran, dan ruang olahraga aerobik sering kali melebihi standar yang dapat diterima (menghirup O2, mengeluarkan CO2)
  • Batasan paparan CO2 berbeda-beda di setiap negara; beberapa negara menerapkan pembatasan yang jauh lebih ketat.
Pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, ketika perbedaan suhu  di dalam ruangan dan luar ruangan sangat besar, jendela mungkin ditutup untuk menghemat energi, meningkatkan konsentrasi CO2 dan memerangkap polutan dalam ruangan yang tidak menyehatkan. Akibatnya, kualitas udara dalam ruangan yang marginal atau buruk sering terjadi di ruang konferensi, auditorium, ruang kelas sekolah, fasilitas kesehatan, dan tempat tinggal.
 
grafik tingkat bahaya kadar karbon dioksida (CO2)

Apa yang bisa kita lakukan?

Data logger CO2 memberikan solusi hemat biaya untuk menilai kualitas udara dalam ruangan, membantu menghilangkan Sick Building Syndrome dan polutan berbahaya yang biasa terjadi pada bangunan yang sempit dan berventilasi buruk.

HOBO MX1102A adalah data logger yang dapat mengukur kadar konsentrasi karbon dioksida (CO2) hingga 5,000 ppm. Selain mengukur CO2, HOBO MX1102 dapat mengukur suhu dan kelembaban udara dengan rentang 0° to 50°C, menggunakan teknologi bluetooth agar pemantauan menjadi efisien karena dilakukan hanya menggunakan smartphone via aplikasi HOBOconnect.

Ingin pantau kadar CO2 secara jarak jauh? Gunakan MX Gateway, alat ini menghubungkan logger dengan internet. Data yang direlam logger akan terupload menuju cloud server yang nantinya dapat dipantau secara online (jarak jauh), kapanpun dan dimanapun 24/7.

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga