Mengenal Teknologi Canggih Alat Perekam Data (Data Logger) HOBO

Data Logger, Weather Station, Water Level Monitoring.Dalam dunia uplink satelit, jaringan nirkabel, dan Internet, sudah umum mendengar istilah “data logging” dan “data logger” dan tidak benar-benar memiliki pemahaman yang kuat tentang apa itu.

Kebanyakan orang memiliki gagasan yang kabur bahwa pencatatan data melibatkan secara elektronik mengumpulkan informasi tentang status sesuatu di lingkungan, seperti suhu, kelembaban relatif, atau penggunaan energi. Mereka benar, tapi itu hanya gambaran kecil tentang apa itu pencatatan data.

Di bidang kinerja bangunan dan lingkungan penelitian, semua orang tampaknya menggunakan data logger. Tetapi
apa itu, dan mengapa semua itu dapat berguna

Panduan ini akan memperkenalkan Anda ke dunia luas pencatat data elektronik dan pencatatan data, dan akan membantu untuk
memperjelas pemahaman Anda, apakah Anda:
• adalah karyawan baru yang memulai proyek atau karier di mana data logger diperlukan
• telah diminta oleh supervisor atau anggota tim untuk membeli data penebang kayu
• harus meyakinkan pembuat keputusan bahwa pencatat data akan berguna bagi Anda bekerja (sebagai permulaan, mereka dapat menghemat biaya tenaga kerja dan meningkatkan efisiensi dengan mengurangi waktu perjalanan)
• pernah mendengar tentang pencatat data dan hanya ingin tahu tentang aplikasinya, atau,
• adalah pengguna lama perangkat dan ingin merefresh pemahaman Anda dan tetap up-to-date dengan teknologi dan kemampuan yang ditawarkan hari ini

Dasar-Dasar Data Logger

Apa itu Data Logger?

Data logger adalah instrumen elektronik yang merekam pengukuran pada set
interval selama periode waktu tertentu. Tergantung pada pencatat data tertentu, seperti pengukuran yang dapat mencakup:

• Suhu udara
• Kelembaban relatif
• Arus dan tegangan AC/DC
• Tekanan diferensial
• Waktu penggunaan (lampu, motor, dll.)
• Intensitas cahaya
• Suhu air

• Oksigen terlarut
• Kelembaban tanah
• Curah hujan
• Kecepatan dan arah angin
• Daun basah
• Sinyal pulsa
• Tingkat hunian kamar
• Pasang beban
…dan masih banyak lagi

Data logger biasanya berukuran compact, perangkat bertenaga baterai yang dilengkapi dengan mikroprosesor internal, penyimpanan data, dan satu atau lebih sensor. Mereka dapat digunakan di dalam ruangan, di luar ruangan, dan di bawah air, dan dapat merekam data hingga berbulan-bulan, tanpa pengawasan. Pencatat data dapat berupa satu unit, perangkat yang berdiri sendiri dengan sensor internal, yang pas di telapak tangan, atau mungkin instrumen pengumpulan data multi-saluran yang dilengkapi dengan satu atau lebih banyak sensor eksternal.

Mengapa menggunakan data logger?

Pencatat data adalah alat yang berharga bagi siapa saja yang ingin terus-menerus
memantau kondisi tanpa harus berada di lokasi. Konsultan lingkungan,
manajer gedung, auditor energi, ilmuwan penelitian, dan banyak lagi
semua profesional mengandalkan pencatat data karena:

Biaya rendah

Harga data logger telah turun dengan kemajuan mikroprosesor dalam beberapa tahun terakhir, dan satu logger satu sensor dapat berharga kurang dari $100.
Pengguna menghemat waktu dan uang dengan meluncurkan dan meninggalkan logger tanpa pengawasan untuk melakukan pengukuran dengan stempel waktu, daripada harus berada di lokasi diri. Rendahnya biaya data logger juga memungkinkan untuk penyebaran beberapa logger sekaligus, dalam beberapa kasus mengurangi panjang proyek dan meningkatkan volume data yang tersedia untuk analisis. Karena karakteristik masa pakai baterai yang lama dari banyak pencatat data portabel, mereka dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama, yang berarti lebih sedikit waktu yang dihabiskan bepergian ke dan dari logger untuk mengunduh data. Untuk penempatan jarak jauh penebang, atau dalam situasi di mana banyak penebang digunakan, itu bisa menjadi masalah besar penghematan waktu dan uang

Kemudahan penggunaan

Pencatat data tentu saja digunakan oleh para insinyur dan teknisi penelitian, tetapi mereka juga digunakan oleh anak sekolah dasar dalam proyek sains. Bisa
hanya 15 menit dari membuka kotak hingga penyebaran pencatat data; untuk beberapa model, cukup sambungkan logger ke komputer, gunakan data perangkat lunak logger untuk mengonfigurasi frekuensi pengambilan sampel dan waktu mulai/berhenti, dan Anda siap untuk pergi. Pencatat yang mengaktifkan Bluetooth Low Energy (BLE) tidak bahkan memerlukan komputer, hanya perangkat seluler dan aplikasi. Mengunduh data juga sederhana, dan dapat dengan mudah dianalisis, dibuat grafik, dan diformat untuk presentasi atau ekspor ke aplikasi lain. Kami akan membahasnya ini secara lebih rinci di bagian lain.

Keandalan

Setelah dikonfigurasi dan digunakan, Anda dapat mengandalkan data bertenaga baterai logger untuk mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan, selama yang Anda butuhkan. Tidak kesalahan manusia, konflik jadwal, cuaca buruk, tulisan tangan yang buruk, atau data kesalahan entri akan memengaruhi pengumpulan data Anda. Dan apakah di dalam atau di luar, pencatat data adalah instrumen kasar yang dirancang untuk menahan berbagai kondisi lingkungan, termasuk air asin, pendinginan, angin kencang, dan sinar matahari yang konstan.

Data bercap waktu

Pengumpulan data, tentu saja, merupakan inti dari perangkat ini, dan mereka tujuannya adalah untuk memberikan bukti kondisi yang objektif dan bertanda waktu dari waktu ke waktu, yang dapat digunakan untuk menguji teori, mengkonfirmasi operasi, memberikan catatan untuk pengawas atau badan pengatur, dan memberikan informasi kepada pengambil keputusan. Data yang mereka kumpulkan memungkinkan interpretasi dan pilihan yang lebih baik, dan dapat menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang.

Di mana data logger digunakan?

Pencatat data digunakan dalam jangkauan luas di dalam, luar ruangan, dan di lingkungan bawah air, dari gedung-gedung tinggi ke Kutub Utara – pada dasarnya di mana saja data diperlukan dan kenyamanan daya baterai lebih disukai

Aplikasi pencatatan data umum

Membangun Kinerja

• Lacak penggunaan listrik gedung untuk memahami profil energi dan mengelola permintaan puncak
• Verifikasi penghematan biaya energi untuk menentukan ROI peralatan baru
• Pantau runtime peralatan untuk memastikan operasi yang efisien
• Pantau peralatan dari kebocoran untuk mengurangi konsumsi energi yang boros
• Mendiagnosis penyebab keluhan kenyamanan penghuni
• Pastikan kualitas udara dalam ruangan yang sehat
• Lacak hunian kamar dan pola penggunaan cahaya
• Optimalkan kinerja sistem HVAC
• Mengelola permintaan energi puncak dengan lebih baik

Penelitian Lingkungan

• Melakukan studi ekologi yang memberikan gambaran rinci tentang habitat
• Melakukan penelitian pertanian yang mengungkapkan peluang untuk                 meningkatkan hasil

• Mengatur studi hewan yang memverifikasi dampak iklim pada spesies
• Lakukan studi tanah untuk memahami pengaruh iklim terhadap kualitas tanah
• Kumpulkan data penting untuk pengelolaan air hujan yang lebih efektif
• Lakukan studi kualitas air secara rinci
• Melakukan penelitian oseanografi yang ketat
• Jalankan studi perubahan iklim jangka panjang
• Mempelajari dan mengukur dampak lingkungan
• Melakukan penelitian hidrologi mendalam yang mengungkap pergerakan, sebaran, dan kualitas air – bahkan di wilayah yang luas

Ketika kebanyakan orang menggunakan istilah “data logger,” mereka biasanya mengacu pada seluruh perangkat, yang terdiri dari data logger, yang melakukan pencatatan, dan sensor, yang mengukur parameter.

Anatomi Data Logger

Mari kita gali lebih dalam tentang apa sebenarnya perangkat itu dan apa fungsinya. Pencatat data,
pada dasarnya, adalah perangkat kecil dengan mikroprosesor internal, data penyimpanan, dan satu atau lebih sensor, semuanya disimpan dalam wadah plastik keras yang tahan cuaca dan/atau tahan rusak, tergantung modelnya

Ketika kebanyakan orang menggunakan istilah “data logger,” mereka biasanya mengacu pada seluruh perangkat, yang terdiri dari pencatat data yang melakukan pencatatan, dan sensor yang mengukur parameter. Sensor atau sensor mungkin ditempatkan di dalam kotak pencatat data, atau mungkin dipasang ke sensor pencatat port melalui kabel. Pencatat data juga memiliki port kabel atau optik
sensor, di mana data dapat dikirimkan ke pengguna. Akhirnya, beberapa model memiliki layar LCD yang memberikan informasi pengoperasian, sementara yang lain memiliki indikator lampu sederhana.

Semua pencatat data berbagi bagian dan karakteristik dasar ini; di mana mereka berbeda persis bagaimana data dapat diunduh ke pengguna. Untuk tujuan ini, ada 3 jenis utama pencatat data: pencatat data USB yang berdiri sendiri, data berbasis web sistem logging, dan pencatat data Bluetooth Low Energy.

Pencatat data USB mandiri yang ringkas, dapat digunakan kembali, dan portabel, dan menawarkan biaya rendah dan pengaturan serta penerapan yang mudah. Model sensor internal digunakan untuk pemantauan di lokasi logger, sedangkan model sensor eksternal (dengan fleksibel saluran input untuk berbagai sensor eksternal) dapat digunakan untuk pemantauan agak jauh dari logger. Kebanyakan penebang yang berdiri sendiri berkomunikasi dengan komputer melalui antarmuka USB. Untuk kenyamanan yang lebih besar, perangkat antar-jemput data dapat digunakan untuk membongkar data dari logger untuk diangkut kembali ke komputer.

Sistem pencatatan data berbasis web memungkinkan jarak jauh, sepanjang waktu akses berbasis internet ke data melalui seluler GSM, Wi-Fi, atau komunikasi Ethernet. Sistem ini dapat dikonfigurasi dengan berbagai eksternal sensor plug-in dan mengirimkan data yang dikumpulkan ke server web yang aman untuk mengakses datanya.

Pencatat data yang menggunakan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) mengukur dan mengirimkan data suhu dan kelembaban relatif secara nirkabel ke perangkat seluler lebih dari jarak 100 kaki.

Bergantung pada cakupan kebutuhan pencatatan data Anda, anggaran Anda, jarak yang terlibat, dan waktu yang Anda miliki untuk mengakses situs, Anda dapat memilih di antara empat jenis sistem pencatatan data ini untuk aplikasi Anda.

Menggunakan Data Logger

Data Logger saat ini mudah digunakan, dan hanya memerlukan komputer dengan port USB untuk konfigurasi dan peluncuran, atau perangkat seluler dan aplikasi, serta beberapa perkakas tangan sederhana untuk mengamankan unit di tempatnya.

  1. Konfigurasi dan luncurkan – Pertama, sambungkan pencatat data ke komputer melalui antarmuka USB. Selanjutnya, gunakan perangkat lunak pencatat data yang menyertai untuk memilih parameter logging (interval pengambilan sampel, waktu mulai, dll.) dan aktifkan logger. Beberapa perangkat lunak memungkinkan untuk mengonfigurasi sejumlah besar pencatat data di waktu yang sama, yang dapat menjadi penghematan waktu yang sangat besar. (Pencatat data BLE dapat dikonfigurasi dan diluncurkan secara nirkabel, setelah penerapan.)
  2. Amankan di tempat – Selanjutnya, gunakan pencatat data di lokasi yang diinginkan. Mengamankannya di tempat bisa sesederhana menggunakan magnet, sekrup, atau lanyard untuk mengikatnya ke dinding. Dalam kasus lain, instalasi bisa lebih kompleks, terutama ketika berhadapan dengan sistem pencatatan data multi-saluran seperti:
    stasiun cuaca, di mana pengguna perlu merakit dan mengamankan cuaca stasiun tripod, atur dan lindungi sensor dari elemen dan hewan, pasang semuanya masuk, dan tahan cuaca semua koneksi
  3. Unduh atau akses data – Setelah periode pemantauan yang diinginkan, sambungkan kembali pencatat data ke komputer, dan meluncurkan perangkat lunak untuk membacakan data. Dalam kasus sistem pencatatan data berbasis web, data didorong ke Internet untuk akses; dan dengan BLE logger, data diunduh langsung ke perangkat ponsel Anda
  4. Memproses/menganalisis/menyajikan data – Perangkat lunak pencatat data memungkinkan Anda untuk menggabungkan dan membandingkan data, dan menampilkan pengukuran dalam grafik yang menampilkan profil dari waktu ke waktu. Atau, data tabular dapat dilihat juga, atau diekspor ke spreadsheet untuk manipulasi lebih lanjut.

Pertimbangan untuk mengevaluasi Data Logger

Sekarang Anda memiliki gambaran umum tentang apa itu data logger dan bagaimana mereka bekerja, Anda dapat membuat beberapa pilihan terdidik tentang mereka untuk pekerjaan Anda aplikasi. Sebelum Anda mulai melihat-lihat atau menghubungi pencatat data apa pun produsen, ada baiknya untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang persyaratan Anda dan preferensinya. Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk dipertimbangkan:

  • Apa yang perlu Anda ukur? Di mana? Untuk berapa lama? Ini akan membantu untuk mengidentifikasi sensor yang Anda butuhkan, serta jenis perumahan logger yang diperlukan.
  • Apakah situasi Anda hanya satu kali dalam pencatatan data, atau akan menjadi bagian dari proyek yang sedang berlangsung atau perangkat? Ini akan menginformasikan apakah Anda memilih pencatat data dengan
    internal, sensor terprogram, atau pencatat multi-saluran yang lebih fleksibel yang dapat menerima berbagai sensor.
  • Seberapa sering Anda ingin mengakses data? Maukah Anda mengumpulkan logger? dan hubungkan ke laptop Anda, atau Anda lebih suka menghemat waktu perjalanan dan biaya dan akses data di Internet, atau pilih kenyamanan mengunduh data langsung ke perangkat seluler?

Kami akan membahas ini secara lebih rinci di bawah, namun memiliki jawaban untuk pertanyaan ini akan membantu mempersempit pilihan Anda.

Akurasi pengukuran

Apa pun yang perlu Anda ukur, pahami pengukuran Anda, persyaratan akurasi sangat penting. Misalnya, jika Anda memantau suhu AC di ruang kantor, Anda mungkin hanya memerlukan akurasi pengukuran suhu +/- 2 derajat, sambil memantau kondisi di laboratorium penelitian mungkin memerlukan akurasi yang jauh lebih besar. Atau ketika memantau sungai untuk kesesuaian spesies ikan tertentu, misalnya,
akurasi pada urutan 0.2C biasanya diperlukan.

Spesifikasi akurasi sangat bervariasi di antara berbagai jenis pencatat data, dan pemahaman yang baik tentang persyaratan akurasi tertentu akan membantu Anda hindari pembayaran untuk akurasi yang mungkin tidak Anda perlukan. Saat melihat akurasi spesifikasi untuk pencatat data tertentu, pastikan untuk mencari bagan yang menunjukkan akurasi di seluruh rentang pengukuran, bukan hanya satu nilai. Itulah akurasi yang dapat dicapai oleh pencatat data pada ujung tinggi atau rendah dari rentang tertentu
mungkin jauh berbeda dari akurasi di tengah jangkauan.

Faktor penting lainnya adalah resolusi data logger; yaitu banyaknya peningkatan nilai yang dapat dilaporkan oleh pencatat data. Sebagai contoh, pencatat data dengan resolusi 12-bit dapat melaporkan 4.096 nilai kisaran suhu selama waktu tertentu. Sementara pencatat data 12-bit mungkin menawarkan resolusi lebih dari model 8-bit, penting untuk diingat bahwa resolusi yang lebih tinggi belum tentu berarti pengukurannya lebih baik.

Jika Anda tidak yakin tentang akurasi data logger dan persyaratan resolusi aplikasi Anda, pemasok data logger yang berpengalaman harus dapat membantu Anda menentukan produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Opsi akses data

Dengan pencatat data mandiri yang paling sederhana, data langsung diturunkan ke komputer melalui antarmuka USB. Namun, dalam banyak kasus, tidak praktis untuk membawa komputer ke situs, juga tidak selalu nyaman untuk membawa pencatat data kembali ke kantor. Dalam kasus seperti itu, pengambilan data dari logger yang berdiri sendiri dapat alih-alih dengan mudah dan cepat diselesaikan menggunakan perangkat berukuran saku yang disebut antar-jemput data. Dengan antar-jemput (atau antar-jemput tahan air), Anda dapat mengunduh dan menyimpan data yang dikumpulkan tanpa harus mengganggu atau memindahkan logger, dan kemudian tautkan pesawat ulang-alik ke komputer untuk mengunduh dan menganalisis data

Sistem pencatatan data berbasis web dapat digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan lingkungan. Mereka memungkinkan akses jarak jauh real-time ke data melalui seluler GSM, Wi-Fi, atau komunikasi Ethernet, dan dapat dikonfigurasi sensor plug-and-play dengan jangkauan yang luas untuk memantau segala sesuatu mulai dari kondisi cuaca untuk membangun konsumsi energi. Data dapat diakses dengan mudah melalui situs web yang aman atau terintegrasi ke dalam sistem khusus dengan rangkaian layanan web yang relatif sederhana untuk diterapkan

Pencatat data BLE, yang mengukur dan mengirimkan suhu dan relatif data kelembaban secara nirkabel ke perangkat seluler pada jarak 100 kaki, adalah
sangat berguna dalam aplikasi di mana pencatat data perlu digunakan di ruang yang sulit dijangkau atau di area dengan akses terbatas di dalam fasilitas.

Perangkat lunak harus memungkinkan Anda untuk melakukan dengan cepat dan mudah tugas-tugas seperti mengonfigurasi parameter, meluncurkan data logger, dan membongkar data, dengan kesederhanaan titik-dan-klik.

Kemampuan perangkat lunak

Sama seperti ada banyak jenis pencatat data yang tersedia, ada juga berbagai jenis paket perangkat lunak grafik dan analisis data. Secara umum, cari perangkat lunak yang berbasis Windows atau Mac, tergantung pada kebutuhan Anda, dan sangat intuitif sehingga kurva belajarnya minimal. Perangkat lunak harus memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah melakukan tugas-tugas seperti: mengonfigurasi parameter, meluncurkan pencatat data, dan membongkar data, dengan kesederhanaan titik-dan-klik. Paket tertentu memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi batch dan membacakan ratusan penebang dengan sangat cepat.

Paket perangkat lunak pencatatan data juga harus menawarkan kemampuan perencanaan data yang kuat, dengan kemampuan untuk dengan mudah menggabungkan, menambahkan, dan memotong data, dan Anda dengan mudah dapat mengaktifkan mengekspor data ke program lain, seperti Microsoft® Excel®, untuk analisis

Daya tahan

Saat membeli pencatat data, pastikan penutup produk dirancang untuk menahan kondisi lingkungan di mana ia akan berada. Untuk contoh, jika Anda berencana untuk melakukan pemantauan di lorong kantor, plastik keras kandang harus cukup. Jika pencatat data perlu bekerja dalam kondensasi lingkungan, namun, Anda ingin memilih produk dengan penutup pelindung kelembaban. Ini juga merupakan ide yang baik untuk bertanya tentang ketersediaan kotak pelindung dan aksesori penutup lainnya untuk situasi di mana: peningkatan daya tahan dan/atau perlindungan mungkin diperlukan.

Daya tahan baterai

Secara keseluruhan, data logger adalah perangkat yang berdaya sangat rendah. Namun, karena digunakan dalam berbagai kondisi lingkungan dan sampel di berbagai tarif, masa pakai baterai dapat sangat bervariasi. Sebagai aturan umum, pastikan data logger yang Anda pilih memiliki masa pakai baterai minimal satu tahun. Untuk beberapa remote situasi, Anda mungkin ingin menyelidiki apakah tersedia opsi bertenaga surya. Anda juga dapat bertanya kepada pemasok tentang apakah baterai data logger ini dapat diganti oleh pengguna, karena ini dapat menghabiskan waktu dan biaya karena harus kirimkan logger kembali ke produsen untuk penggantian baterai.  Pada akhirnya, data logger yang menggunakan baterai standar rumahan menawarkan kenyamanan yang lebih besar daripada yang membutuhkan baterai khusus.

Biaya kepemilikan

Biaya mikroprosesor dan sensor yang lebih rendah dalam beberapa tahun terakhir telah membantu menekan harga data logger bertenaga baterai. Meskipun banyak data produk yang tersedia saat ini memiliki harga yang menarik, penting untuk melihat lebih dekat dengan total biaya kepemilikan sebelum melakukan pembelian. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin ingin Anda tanyakan kepada calon pemasok Anda:

  • Apakah logger perlu dikalibrasi oleh pabrikan secara berkala, dan jika demikian, apa implikasi biaya dari waktu ke waktu?
  • Apakah saya perlu berinvestasi dalam paket perangkat lunak yang mahal untuk menganalisis hasil saya?
  • Apakah saya dapat menggunakan baterai AA, atau apakah logger memerlukan kepemilikan atau sumber listrik yang sulit ditemukan?
  • Apakah kabel disertakan dengan logger?
  • Apakah saya perlu membeli paket data untuk sistem berbasis web saya, dan jika demikian,
    apa jenis rencana yang tersedia?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda memahami biaya kepemilikan data logger yang sebenarnya dalam jangka panjang.

Dukungan produk

Secara umum, data logger harus mudah digunakan, tanpa memerlukan banyak hal bantuan teknis, bahkan selama fase awal penggunaan. Namun demikian, sebagai produk berteknologi tinggi, akan selalu ada pertanyaan. Saat mengevaluasi data logger, cari pemasok yang menawarkan berbagai layanan dukungan produk. Layanan ini sering kali dimulai dengan penilaian awal aplikasi persyaratan Anda, dan harus mencakup dukungan telepon dan berbasis Internet mendukung sumber daya. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengetahui apakah pemasok memiliki rekam jejak dan stabilitas
untuk mempertahankan peran sebagai penyedia solusi jangka panjang; setelah selesai semua, Anda akan memilikicdata logger ini selama bertahun-tahun. Maka Anda dapat yakin bahwa perusahaan akan
hadir untuk memenuhi persyaratan data logger Anda di masa mendatang. Akhirnya, Anda mungkin ingin
untuk meminta pemasok catatan aplikasi dan referensi lain untuk mendapatkan pengertian untuk bagaimana kinerja data logger dalam aplikasi yang mirip dengan milik Anda.

Secara umum, pencatat data harus mudah digunakan, tanpa membutuhkan banyak bantuan teknis, bahkan selama fase awal penggunaan.

Kinerja Pembangunan

Pemantauan Lingkungan Dalam Ruangan

Tantangan:

  • Cegah kerusakan museum sejarah alam yang tak tergantikan koleksi
  • Mematuhi batasan yang terkait dengan bangunan bersejarah
  • Pantau dan pertahankan suhu/tingkat RH yang stabil di seluruh 420.000 sf ruang museum

Solusi:

  • 50 pencatat data nirkabel dengan terintegrasi sensor suhu dan RH
  • Penyebaran node data secara diam-diam melalui strip perekat 3M tanpa tanda
  • Data waktu nyata, potensi notifikasi instan, dan memori buffer terpasang untuk memastikan tidak ada data yang hilang

Hasil:

  • Pengosongan data yang nyaman dari berbagai lokasi
  • Identifikasi, diagnosis, dan resolusi segera dari disfungsi peralatan HVAC

Pemantauan Energi

Tantangan:

  • Mengurangi biaya energi yang terkait dengan fasilitas 9.000 sf yang menghasilkan $25K dalam tagihan utilitas setiap tahun dan mengurangi jejak karbonnya
  • Tentukan peralatan hemat energi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan fasilitas
  • Hitung potensi pengembalian investasi peralatan baru

Solusi:

  • Pendekatan berbasis data yang melibatkan penyebaran data portabel
  • penebang di seluruh fasilitas
  • Pengumpulan sejumlah besar data yang beragam dalam waktu singkat
  • Motor on/off data logger dikerahkan langsung pada motor loop
  • Pencatat data suhu ditempatkan secara diam-diam di area kantor untuk mencatat suhu zona

Hasil:

  • Berdasarkan analisis data, tindakan yang direkomendasikan untuk menginstal kontrol HVAC baru dan sistem berbasis web untuk terpusat / kontrol otomatis sistem HVAC, pasang sistem ventilasi pemulihan energi, pasang energi fotovoltaik surya solusi, dan menerapkan peningkatan shell bangunan
  • Estimasi penghematan biaya energi sebesar $215K selama 15 tahun ke depan

Penelitian Lingkungan

Pemantauan Iklim

Tantangan:

  • Mengelola risiko pertanian yang terkait dengan cuaca dan hama; meminimalkan penggunaan pestisida
  • Sepenuhnya memanfaatkan kekuatan model berbasis cuaca
  • Menyediakan alat pendukung keputusan yang mudah digunakan yang tidak melibatkan pekerjaan tambahan untuk petani

Solusi:

  • Penyebaran stasiun cuaca berbasis web di tempat
  • Pengiriman data cuaca langsung ke Internet melalui modul komunikasi Wi-Fi terintegrasi

Hasil:

  • Data cuaca spesifik pertanian yang dapat diakses, akurat
  • Informasi membantu petani dengan keputusan pengelolaan hama yang dapat ditindaklanjuti

Pemantauan Air

Tantangan:

  • Memulihkan dan melestarikan ekosistem air tawar
  • Menurunkan suhu aliran untuk meningkatkan habitat kolam bagi ikan asli
  • Mendukung populasi ikan yang lebih sehat dan populasi berang-berang yang lebih besar

Solusi:

  • Buat koneksi aktif antara tiga mata air alami dan sungai kecil untuk menyediakan sumber air dingin baru dan aliran sungai tambahan
  • Pasang pencatat data suhu air di atas dan di bawah setiap pertemuan mata air dengan anak sungai untuk mengumpulkan data suhu aliran sebelum dan sesudah proyek

Hasil:

  • Memetakan aliran-aliran dan informasi suhu dari data yang dikumpulkan pada interval 30 menit dan diunduh sekitar empat kali per tahun melalui HOBO Waterproof Shuttle
  • Data membantu menentukan seberapa efektif sambungan mata air ke sungai dalam menurunkan suhu aliran

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga