Pengertian Wind Rose dan Fungsinya dalam Meteorologi

Wind rose/mawar angin/cakram angin adalah sebuah diagram yang digunakan untuk menggambarkan arah dan kekuatan angin pada suatu lokasi. Diagram ini dapat memberikan informasi yang sangat berguna bagi pelaut, petani, dan insinyur, serta orang-orang yang tertarik dengan studi tentang meteorologi dan iklim.

Wind rose terdiri dari lingkaran yang dibagi menjadi sektor-sektor yang mewakili arah angin, dengan setiap sektor menunjukkan frekuensi atau persentase waktu angin bertiup dari arah tersebut. Panjang garis pada setiap sektor menggambarkan kecepatan angin yang terjadi dari arah tersebut. Semakin panjang garis, semakin besar kecepatan angin yang terjadi.

Diagram ini juga seringkali dilengkapi dengan informasi tambahan seperti frekuensi kejadian, kecepatan rata-rata, dan arah dominan dari angin. Selain itu, warna dapat digunakan untuk menunjukkan rentang kecepatan angin tertentu, yang memberikan pemahaman visual tentang pola angin pada lokasi tersebut.

apa itu wind rose

Wind rose dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti memilih lokasi yang paling cocok untuk pembangunan turbin angin, menentukan pola arah angin yang dapat mempengaruhi penyebaran polusi, atau mengidentifikasi pola cuaca lokal yang dapat memengaruhi aktivitas pertanian dan perikanan.

Selain itu, wind rose juga seringkali digunakan dalam pembuatan peta cuaca dan untuk membuat ramalan cuaca jangka pendek, karena dapat memberikan informasi tentang pola angin yang sedang terjadi pada suatu lokasi.

Dalam kesimpulannya, wind rose adalah sebuah diagram yang sangat bermanfaat untuk memvisualisasikan pola arah dan kecepatan angin pada suatu lokasi. Informasi yang diberikan oleh diagram ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan, dari energi terbarukan hingga pertanian dan transportasi.

Cara Mendapatkan Data Angin dan Wind rose

Dalam penggunaannya, wind rose harus dihasilkan dari data yang akurat dan representatif dari wilayah tertentu. Banyak stasiun meteorologi dan perusahaan yang mengumpulkan data ini dari berbagai sumber, termasuk pengamatan langsung, perangkat pengukuran angin, dan model pemetaan meteorologi.

Di Indonesia sendiri, salah satu alat yang direkomendasikan oleh banyak perusahaan dan Kementerian LHK yaitu HOBO Automatic Weather Station. Alat perekam cuaca otomatis dari hobo dapat dikonfigurasikan dengan memilih smart sensor yang dibutuhkan untuk pemantauan cuaca, salah satunya adalah sensor kecepatan dan arah angin.

HOBO Weather Station memudahkan pengguna dalam memantau cuaca di suatu wilayah secara jarak jauh termasuk pemantauan kecepatan dan arah angin, dengan teknologi berbasis cloud. Data dapat diakses melalui web HOBOlink hanya dengan komputer dan ponsel secara real-time. 

HOBO dapat mengirimkan notifikasi alarm lewat email pengguna jika terjadi suatu masalah pada sensor ataupun station. Selain itu Pengguna dapat mensetting jadwal pengambilan data yang juga langsung dikirimkan melalui email.

HOBO Weather Station juga tersedia di E-Katalog LKPP

Produk yang Digunakan

HOBO RX3004 Weather Station

Memantau dan merekam data cuaca lingkungan di suatu wilayah

HOBO Wind Speed & Direction Sensor

Sensor arah dan kecepatan angin yang kompatibel dengan HOBO RX3004

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga