Pengertian Ultrasonic Flaw Detector dan Fungsinya

Ultrasonic flaw detector merupakan salah satu metode pengujian yang paling umum dan cukup tua. Sejak tahun 1940an, hukum fisika yang mengatur tentang perambatan gelombang suara melalui material padat telah digunakan untuk mendeteksi retakan, rongga, dan porositas pada logam, komposit, dan keramik. Gelombang suara dengan frekuensi tinggi memantulkan cacat dengan cara yang dapat diprediksi, menghasilkan pola gema khas yang dapat ditampilkan dan direkam oleh instrumen portabel.

Pengujian ultrasonik adalah pengujian nondestruktif dan sangat aman. Metode ini banyak digunakan pada industri manufaktur, processing, dan industri jasa, terutama dalam aplikasi yang melibatkan pengelasan dan logam struktural.

Manfaat pengujian ultrasonik

Ada beberapa keuntungan dari detektor cacat ultrasonik. Beberapa di antaranya diberikan di bawah ini.

1. Kemampuan deteksi mendalam dibandingkan teknik non-destruktif lainnya karena daya penetrasi yang tinggi.
2. Mampu mendeteksi retakan atau kecacatan kecil karena akurasi yang lebih tinggi.
3. Portabel dan sangat otomatis. Dapat digunakan di lokasi terpencil dan sulit diakses serta untuk pengujian di tempat.
4. Hanya memerlukan akses pada satu sisi benda uji. Oleh karena itu, digunakan untuk menguji objek yang sangat besar.
5. Mendeteksi ukuran, bentuk, dan sifat cacat dengan tingkat akurasi yang tinggi. Menyediakan gambar resolusi tinggi.
6. Dapat digunakan untuk mendeteksi cacat permukaan dan bawah permukaan.
7. Tidak berbahaya, sehingga aman untuk dioperasikan.
8. Mendeteksi kecacatan material dengan cepat dan memberikan hasil instan.

Prinsip dasar

Gelombang suara yang dihasilkan oleh getaran mekanis yang terorganisir merambat melalui suatu medium berupa benda padat, cair, atau gas. Gelombang ini merambat melewati medium tersebut pada kecepatan atau aliran tertentu, pada arah yang dapat ditentukan. Ketika gelombang suara bertemu dengan ujung atau batas medium, gelombang ini akan dipantulkan dan ditransmisikan. Ini adalah prinsip fisika yang mendasari pengujian ultrasonic flaw detector.

Semua gelombang suara berosilasi pada frekuensi tertentu, atau jumlah getaran atau siklus per detik, yang kita alami sebagai nada dalam rentang suara yang biasa kita dengar. Pendengaran manusia mencapai frekuensi maksimum sekitar 20.000 siklus per detik (20 KHz), sedangkan sebagian besar aplikasi deteksi cacat ultrasonik menggunakan frekuensi antara 500.000 dan 10.000.000 siklus per detik (500 KHz hingga 10 MHz). Pada frekuensi dalam rentang megahertz, energi suara tidak merambat secara efisien melalui udara atau gas lainnya, namun merambat dengan bebas melalui sebagian besar cairan dan material umum.

Kecepatan gelombang suara bervariasi tergantung pada medium yang dilaluinya, kecepatan gelombang suara juga dipengaruhi oleh kepadatan medium dan sifat elastisnya. Berbagai jenis gelombang suara akan merambat dengan kecepatan berbeda.

Panjang gelombang: Semua jenis gelombang akan memiliki panjang gelombang terkait, yaitu jarak antara dua titik yang bersesuaian dalam siklus gelombang saat merambat melalui suatu medium. Panjang gelombang berhubungan dengan frekuensi dan kecepatan dengan persamaan :

λ = c/f
Di mana
λ = panjang gelombang
c = kecepatan bunyi
f = frekuensi

Panjang gelombang merupakan faktor pembatas yang mengontrol jumlah informasi yang dapat diperoleh dari perilaku gelombang. Dalam deteksi cacat ultrasonik, batas bawah deteksi cacat kecil yang diterima secara umum adalah setengah panjang gelombang. Apa pun yang lebih kecil dari itu tidak akan terlihat. Dalam pengukuran ketebalan ultrasonik, ketebalan minimum teoritis yang dapat diukur adalah satu panjang gelombang.

Jarak yang ditempuh gelombang dengan frekuensi dan tingkat energi tertentu bergantung pada material yang dilaluinya. Pada dasarnya, material berbahan keras dan homogen sangat efisien dalam merambatkan gelombang suara dibandingkan dengan material lunak dan heterogen atau granular.

Alat uji ultrasonic flaw detector

Saat ini, alat uji ultrasonic flaw detector ada bermacam – macam tipe dengan merk atau brand yang juga beragam. Kami menyediakan alat – alat uji non-destruktif seperti ultrasonic flaw detector dengan harga yang bersaing.

Untuk pemesanan alat – alat non destruktif dan alat lainnya, silahkang hubungi ke whatsapp : 0812 1248 2471 (Pak Alfin), atau bisa klik ikon whatsapp di kanan bawah.

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga