Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Pentingnya Data Curah Hujan Untuk Perencanaan Teknik

Alat ukur curah hujan HOBO Rainfall Data logger berfungsi untuk mengukur dan mencatat data dari curah hujan di wilayah tertentu. Menawarkan kemudahan untuk pencatatan data dari curah hujan tanpa perlu pemrograman dan perawatan yang rumit.

Mengenal Curah Hujan

Curah hujan adalah ketinggian air hujan yang jatuh di suatu tempat yang datar dan tidak mengalir, meresap, atau menguap. Tingkat hujan diukur dalam satuan millimeter (mm), yang merupakan ketinggian air hujan yang tertampung pada tempat yang datar dengan luas 1 meter persegi, dengan asumsi bahwa tidak ada air yang mengalir, meresap, atau menguap.

Dengan memperoleh banyak data dari curah hujan, semakin akurat perhitungan untuk suatu perencanaan yang tepat. Data curah hujan sangat penting dalam pengelolaan air untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Rata-rata hujan tahunan di daerah yang berbeda bervariasi dan dapat terjadi kapan saja dan rata – rata curah hujannya harus dicatat untuk menentukan jumlah perencanaan yang dilakukan. Pencatatan data tingkat hujan rata-rata tahunan di Daerah Aliran Sungai (DAS) dilakukan di berbagai titik di sepanjang stasiun pencatatan curah hujan untuk menentukan tingkat hujan yang turun di wilayah tertentu.

Untuk memantau curah hujan secara otomatis, real-time, dan menyimpan data curah hujan di masing-masing daerah yang ingin dihitung curah hujannya, diperlukan alat penakar hujan.

Alat Pengukur Curah Hujan

HOBO memiliki beberapa jenis data logger curah hujan yang memiliki kelebihan fungsinya masing – masing.

HOBO Rain Gauge RG3-M yang memiliki sistem pengumpulan dan pencatatan data curah hujan bertenaga baterai yang mencakup data logger HOBO Pendant Event yang terintegrasi ke dalam alat pengukur curah hujan. Model ini secara otomatis merekam data curah hujan hingga 3200 mm, yang dapat digunakan untuk menentukan tingkat, waktu, dan durasi curah hujan. Alat Ini Memerlukan Base Station atau Waterproof Shuttle.

HOBO Rain Gauge S-RGB-M002 mengukur curah hujan dengan resolusi 0.2 mm, dan akurasi 1% untuk tingkat curah hujan hingga 12.7 cm. Mekanisme tipping bucket dipasang pada poros baja tahan karat dengan bantalan kuningan. Alat ini kompatibel dengan RX3000 Weather Station sehingga dapat memantau curah hujan dari jarak jauh hanya dengan menggunakan internet. Weather Station ini menyimpan data secara cloud yang dapat diakses melalui web Hobolink kapanpun, dan dimanapun.

Produk Terkait

RX3000 Automatic Weather Station

Stasiun pencatatan data jarak jauh yang paling fleksibel di Onset, HOBO RX3000 menyediakan akses instan ke data lingkungan khusus situs di mana saja, kapan saja, melalui internet.

Hobo Waterproof Shuttle

Menyediakan pembacaan yang mudah dan peluncuran kembali data logger HOBO bawah air dan outdoor dengan antarmuka USB Optik, dan tahan air hingga 20m. HOBO Waterproof Shuttle juga dapat digunakan sebagai Base Station.

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga