Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Pentingnya Oksigen Terlarut untuk Ekosistem Perairan

Apa Itu Dissolved Oxygen?

Oksigen terlarut atau biasa disebut Dissolved Oxygen (DO) adalah ukuran jumlah gas oksigen (sebagai O2) yang terlarut dalam air. Oksigen memasuki air sungai dari atmosfer (melalui difusi), dari air tanah, dan juga sebagai produk sampingan dari fotosintesis tumbuhan air. Kadar oksigen dalam air dapat dinyatakan dalam satuan konsentrasi, mg/L, atau dalam kaitannya dengan jumlah maksimum oksigen yang dapat terlarut dalam air pada suhu tertentu, yang disebut ‘% saturasi’.

Mengapa Kita Perlu Mengukur Oksigen Terlarut?

Semua hewan air seperti kan dan zooplankton membutuhkan Dissolved Oxygen (DO) untuk bernapas. Tingkat oksigen yang rendah (hipoksia) atau tidak adanya oksigen (anoxia) dapat terjadi ketika bahan organik berlebih, seperti pertumbuhan alga dalam jumlah besar, diurai oleh mikroorganisme. Tingkat oksigen yang baik sangat penting untuk kesehatan sistem sungai. Air sungai yang mengalir lambat dan tercemar sering kali dikaitkan dengan kondisi oksigen rendah, yang tidak dapat mendukung banyak kehidupan.

mengukur kadar oksigen terlarut atau dissolved oxygen (DO) di air

Apa yang Bisa Diketahui oleh Dissolved Oxygen mengenai Kondisi Air?

DO dianggap sebagai ukuran penting kualitas air karena merupakan indikator langsung kemampuan sumber daya perairan untuk mendukung kehidupan akuatik. Survey dari National Aquatic Resource Surveys (NARS), kadar DO diukur dengan alat pengukur kualitas air yang dikalibrasi, biasanya bersamaan dengan pengukuran suhu dan pH. Meskipun setiap organisme memiliki kisaran toleransi DO masing-masing, secara umum, tingkat DO yang kurang dari 5mg/L dianggap sebagai stres bagi ikan dan tingkat DO yang kurang dari 3mg/L terlalu rendah untuk mendukung ikan. Kadar DO di bawah 1mg/L dianggap hipoksia dan biasanya tidak ada kehidupan.

Cara Mengukur Oksigen Terlarut/Dissolved Oxygen (DO)

Mengukur kadar oksigen terlarut menjadi lebih mudah dan efektif menggunakan HOBO HOBO U26-001 Dissolved Oxygen Data Logger. HOBO U26 menggunakan teknologi sensor DO optik RDO® Basic (Rugged Dissolved Oxygen). Alat ini mengukur sekaligus mencatat data oksigen terlarut sekaligus dengan suhu air. Dengan memori 64KB, HOBO U26-001 dapat menyimpan 21,700 data DO dan suhu. Selain itu, HOBO U26-001 dapat mengukur kadar dissolved oxygen 0 hingga 30 mg/L dan mengukur suhu -5° hingga  40°C. Baterai alat ini dapat bertahan hingga 3 tahun.

Cara Meningkatkan Kadar Dissolved Oxygen

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengukur kadar oksigen terlarut menggunakan Dissolved Oxygen meter atau data logger secara akurat untuk mengetahui kondisi kualitas air saat ini dan kemudian mengidentifikasi tingkat yang perlu Anda capai. Dalam kebanyakan kasus, tingkat saturasi oksigennya sekitar 8 hingga 10 mg/L.

Untuk meningkatkan oksigen terlarut dalam air, perhatikan 4A:

  1. Aerate
  2. Agitate
  3. Aquatic Plants
  4. Add O2 Gas

Aerator tersedia dalam berbagai bentuk, yang paling umum adalah batu udara yang dipompa udara secara konsisten. Ini akan menambah oksigenasi secara langsung tetapi juga menciptakan turbulensi untuk meningkatkan kekasaran permukaan dan penyerapan oksigen.

Agitator juga dapat hadir dalam berbagai bentuk mulai dari roda dayung besar di kolam yang tergenang, air mancur, hingga kipas bawah air. Bahkan Anda sendiri yang berenang di kolam secara teknis berkontribusi terhadap pergolakan air dan meningkatkan kadar oksigen terlarut serta pencampuran. Biarkan pikiran Anda menjadi liar dengan kemungkinan menciptakan pengaduk air mekanis dari motor listrik kecil.

Aquatic plants atau tumbuhan air akan menghasilkan oksigen selama fotosintesis dan menambahkannya langsung ke dalam air. Sinar matahari dan nutrisi yang cukup perlu menjadi pertimbangan jika memilih metode ini untuk aplikasi di dalam ruangan.

Terakhir, Add gas O2, menggelembungkan gas oksigen murni melalui air akan meningkatkan kadar oksigen terlarut secara signifikan. Namun dalam pendekatan ini, berhati-hatilah agar air menjadi terlalu jenuh yang juga dapat menyebabkan kematian kehidupan akuatik. Pastikan untuk memiliki probe oksigen terlarut saat menambahkan gas oksigen murni ke sumber air. Pemantauan berkelanjutan merupakan cara terbaik untuk pendekatan ini dan mudah dilakukan dengan probe oksigen terlarut industri yang disekrupkan langsung ke dalam pipa.

Ukuran dan skala operasi Anda juga harus menjadi pertimbangan. Jika tujuannya adalah akuarium kecil atau sistem hidroponik, maka batu udara kecil bisa membantu. Jika kolamnya besar untuk pertumbuhan ikan dan tanaman, sistem pengaduk besar seperti kincir dayung dan/atau air mancur harus dipertimbangkan.

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga