Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Apa Itu Data Logger?, Apa Fungsinya?

Data logger adalah alat elektronik yang digunakan untuk merekam data dari berbagai sumber. seperti suhu, kelembaban, tekanan, dan lain sebagainya. Alat ini biasanya digunakan dalam berbagai industri dan aplikasi, seperti penelitian lingkungan, pemantauan bangunan, dan industri energi. Logger memiliki sensor yang dapat merekam suhu, kelembaban, tekanan, dan lain sebagainya. Perangkat keras berfungsi sebagai pengambil data, sedangkan perangkat lunak digunakan untuk memproses data yang telah diambil.

Cara Kerja Data Logger

Data logger bekerja dengan mengambil data dari sensor yang terpasang pada perangkat. Data tersebut kemudian disimpan dalam memori internal atau kartu memori yang terpasang pada perangkat. Beberapa logger memiliki fitur untuk mengirim data secara langsung ke server melalui jaringan internet. Alat ini biasanya menggunakan baterai sebagai sumber daya dan dapat bertahan selama beberapa bulan hingga beberapa tahun tergantung pada jenisnya.

Jenis - Jenis Logger

Terdapat beberapa jenis logger yang tersedia di pasaran, seperti data logger suhu, kelembaban, tekanan, cahaya. Selain itu, terdapat juga logger yang dapat merekam data dari berbagai sumber secara bersamaan seperti multichannel logger.

Manfaat Data Logger

Alat ini memiliki berbagai manfaat dalam berbagai aplikasi, seperti:

1. Memantau suhu dan kelembaban pada bangunan dan gedung, sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi biaya energi.

2. Merekam suhu dan kelembaban dalam ruang penyimpanan makanan dan obat-obatan, sehingga dapat memastikan kualitas dan kesegaran produk tersebut.

3. Pemantauan lingkungan untuk mengetahui kondisi cuaca dan polusi udara.

4. Pemantauan suhu dan tekanan pada industri energi, seperti pembangkit listrik dan mesin pendingin, sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan energi dan mencegah kerusakan pada peralatan.

HOBO MX1104 kini tersedia di E-Katalog LKPP

Data logger merupakan alat yang sangat berguna dalam berbagai aplikasi dan industri. Dengan kemampuannya untuk merekam data dari berbagai sumber, Alat ini dapat membantu pengguna untuk memantau kondisi lingkungan, mengoptimalkan penggunaan energi, dan mencegah kerusakan pada peralatan. Pilihan logger yang tepat akan sangat mempengaruhi efektivitas dan efisiensi pemantauan data. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih logger yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang diinginkan.

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga