Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Aplikasi Roughness Tester pada Industri Otomotif

Industri otomotif, termasuk pengolahan dan pembuatan mesin dan suku cadang secara lengkap, harus menggunakan alat penguji kekasaran atauu roughness tester.

Misalnya, evaluasi dan deteksi permukaan yang diasah pada lapisan silinder/platform teknologi pemrosesan permukaan bodi bagian jantung mesin mobil dan pendeteksiannya selalu menjadi salah satu kesulitan teknis yang dihadapi oleh industri pemrosesan lapisan silinder.

Untuk mengevaluasi pola pengasahan platform pada permukaan bagian dalam liner silinder, tidak hanya rata-rata kekasaran Ra profil permukaan, tinggi profil kekasaran permukaan Rz, tetapi juga seperangkat parameter komprehensif berdasarkan kurva laju panjang penyangga profil Rpk, Rk, Rvk, Mr1, Mr2 dan seterusnya.

Tentu saja, kinerja dan presisi alat ukur kekasaran yang digunakan dalam proses evaluasi dan pengujian yang diperlukan ini juga harus sangat tinggi.

aplikasi roughness tester pada industri otomotif

Dalam produksi dan pemrosesan, suku cadang seperti silinder, piston, poros engkol, gandar botak, katup rem udara, katup, batang penghubung, roda gigi, bantalan, dll hampir selalu diuji dengan instrumen kekasaran.

Karena produksi dan perakitan keseluruhan sistem start mobil, sistem transmisi, sistem pengereman dan suku cadang lainnya perlu diuji dengan instrumen kekasaran, maka kita dapat memikirkan traktor, kereta api, kapal laut, pesawat terbang, roket dan transportasi darat, laut dan udara lainnya. . Instrumen serupa juga digunakan dalam proses pembuatan perkakas.

aplikasi roughness tester pada industri otomotif

Faktanya, instrumen kekasaran atau roughness tester digunakan dalam proses produksi dan pengujian mesin diesel untuk traktor, mesin bensin untuk sepeda motor, mesin pembakaran dalam pada kereta api, interior lokomotif kereta api, poros kereta api, mesin pesawat terbang, dan lain-lain.

Selain itu, semakin tinggi tingkat kandungan teknologi mesin-mesin ini dan semakin tinggi persyaratan untuk proses pembuatannya, semakin tinggi pula persyaratan kualitas permukaan dan semakin baik akurasi kinerja instrumen yang dibutuhkan.

Surface roughness tester

Butuh alat uji kekasaran permukaan material? kami menyediakan surface roughness tester dengan beragam tipe, fitur, dan range pengujian.

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga