Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Cara Memasang Tripod HOBO Weather Station

Alat yang diperlukan untuk pemasangan stasiun cuaca:

  • 1/2” kunci pas atau soket untuk tripod dan baut-u (perhatikan bahwa antena seluler RX dan kit saluran memiliki akses terbatas saat menggunakan soket).
  • 5/16” kunci pas atau soket untuk klem selang, (Pengukur hujan awal & perisai radiasi matahari RS3-B).
  • Kunci pas atau soket 7/16” untuk sensor angin Davis dan lengan silang setengah/penuh.
  • Kunci pas 7/16” untuk pengukur hujan Davis (perhatikan soket tidak dapat digunakan, tidak cukup ruang).
  • Soket dalam 7/16” untuk baut-u kaki pada tripod 3 meter.
  • Pemotong kawat untuk kabel dan kabel pembumian.
  • Tie-wrap besar untuk manajemen kabel.
  • Palu  (8 lbs).
  • Kunci pas bulan. sabit/dapat disesuaikan.
  • Obeng pipih ( – ).

Menambah Ketinggian Tripod

Dimungkinkan untuk memperpanjang tripod; namun, tiang 1,5 meter (Bagian #M-MPB) tidak dapat digunakan secara langsung untuk memperpanjang tripod 2 atau 3 meter. Sebagai gantinya, Anda perlu membeli atau membuat perangkat kopling untuk menyatukan kedua pipa. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan potongan pipa yang diameternya sedikit lebih besar, buat satu potongan memanjang, lalu masukkan tiang dan sambungannya, dan klem. Anda mungkin juga membutuhkan kabel pria yang lebih panjang.

Petunjuk Pemasangan Tripod 2 Meter (M-TPB)

Mendirikan tripod di tanah datar (tidak boleh ada kemiringan tanah). Kaki pada tripod 2 meter tidak dapat disesuaikan untuk
permukaan yang tidak rata. Jika area pemasangan yang Anda gunakan tidak rata, maka Anda perlu meratakannya. Bersiaplah untuk menggali jika perlu.

Aksesoris Pemasangan Opsional;

• Perlengkapan pasak 1/4 inci (M-SKB)
• Kit kawat (M-GWA) dengan kit pasak 1/2 inci (M-SKA)
• Perlengkapan pembumian (M-GKA)

Langkah-langkah pemasangan ;
1. Buka tripod 2 meter dan letakkan dalam posisi tegak.
2. Menggunakan kunci pas 1/2 inci, buat enam rakitan mur dan baut (16-18/5) seperti yang ditunjukkan di bawah ini dengan satu mur
sebagian disekrup pada baut.

3. Ambil salah satu rakitan mur dan baut dan masukkan melalui lubang tri-klem dengan kepala baut menghadap ke luar. Pasang mur secara longgar pada baut ke bagian dalam tri-klem.

4. Pasang lima rakitan mur dan baut yang tersisa dengan cara yang sama untuk klem tri atas dan bawah. Pastikan rakitan baut pada tri-klem tiang atas dan bawah menyisakan cukup ruang untuk bagian tiang bawah untuk lolos.

5. Geser tiang bawah dari atas ke dalam tri-klem dengan ujung tiang yang berkerut menghadap ke atas. Lipatan pada tiang bawah harus menghadap utara dan selatan.

6. Kencangkan baut tri-klem dengan tangan sehingga tiang terkunci sementara pada posisinya. Catatan: Tiang bawah dapat beristirahat di tanah saat ini. Anda akan menyesuaikan ketinggian tiang bawah nanti.


7. Karena tripod untuk konfigurasi 2 meter memiliki kaki yang tidak dapat disesuaikan, Anda harus memastikan bahwa area permukaan pemasangan rata. Jika tidak, gunakan shims atau buang tanah sesuai kebutuhan. Anda dapat memasang level tiang (M-MLA) ke tiang untuk memverifikasi bahwa itu vertikal saat Anda meratakan permukaan. Anda juga dapat menggunakan baut tri-klem untuk menyempurnakan vertikal
penyesuaian nanti setelah Anda menyesuaikan ketinggian tiang.


8. Amankan tripod. Gunakan kit pasak berdiameter 1/4 inci (M-SKB) atau baut tripod ke bantalan semen dengan jangkar 1/4 inci. Pasang pasak atau baut melalui salah satu lubang pada masing-masing dari tiga kaki tripod.


9. Jika kondisi lokasi (angin kencang, dll.) menjamin atau jika Anda akan memasang pengukur hujan atau sensor angin pada tripod, gunakan guy wire kit (M-GWA).

 

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga