Daftar Weather Station HOBO dan Kelebihannya Masing – Masing

HOBO Weather Station merupakan brand data logger dari Onset Computer Corporation yang berada di Massachusetts, Amerika Serikat dan memiliki sertifikasi 21 CFR Part 11 Food and Drug Administration (FDA) serta ISO 9001:2015 Ansi National Acreditation Board (ANAB); serta PT Taharica selaku distributor resmi (Authorized Distributor) yang berada di Indoneisa dari HOBO Data Loggers. 

HOBO Automatic Weather Station adalah alat pemantau cuaca yang fleksibel dan didesain tahan cuaca ekstrem namun dengan penggunaan yang mudah dan efektif. Alat ini memiliki beberapa smart sensor plug and play yang dapat menunjang kebutuhan pemantauan cuaca di lingkungan sekitar. Berikut adalah Daftar Weather Station HOBO yang dapat dipertimbangkan untuk kebutuhan Anda :

1. HOBO Automatic Weather Station RX3000

Fitur Unggulan

1. Layar LCD memudahkan pengoperasian di lapangan.
2. Akses data secara cloud melalui web HOBOlink.
3. plug-and-play operation.
4. Dapat disetup secara jarak jauh melalui ponsel.
5. Notifikasi alarm via email.
6. Memiliki 10 buah slot smart sensor.

HOBO RX 3000 merupakan Automatic Weather Station berbasis 4G selular untuk pemantauan cuaca jarak jauh (online monitoring). Alat ini sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan program yang rumit, serta tersedia berbagai smart sensor sesuai dengan kebutuhan pengguna, contohnya sensor suhu dan kelembaban udara, sensor tekanan udara, sensor curah hujan, sensor kecepatan dan arah angin, sensor ketinggian air, sensor intensitas cahaya, sensor suhu dan kelembaban tanah, sensor tingkat kebasahan daun, dan lain – lain.

Memiliki kapasitas memori 32 Mb dengan maksimal 2 juta data yang dapat tersimpan, serta ketahanan baterai hingga mencapai 5 tahun. Data pemantauan tersebut dapat dipantau melalui HOBOlink, web monitoring online berbasis cloud dari Onset, melalui web ini, pengguna dapat mengonfigurasikan AWS, melihat data secara real time, mendownload/eksport data, serta menjadwalkan pengunduhan data. Semua hal tersebut dapat dilakukan melalui komputer/laptop, tablet, hingga smartphone pengguna.

2. HOBO Automatic Weather Station RX2100

Fitur Unggulan

1. Memiliki layar LCD untuk pengoperasian di lapangan.
2. Terdapat solar panel pada alat.
3. Memiliki 5 buah slot smart sensor.
4. Akses data secara cloud melalui HOBOlink.
5. Material tahan cuaca dengan IP66/NEMA 4X.
6. Koneksi menggunakan 4G seluler.

RX2100 merupakan weather station versi ringkas dari RX3000, menggunakan teknologi yang sama yaitu 4G selular dengan data yang dapat diakses secara cloud melalui  HOBOlink. Secara prinsip kerja, alat ini serupa dengan RX3000, namun RX2100 memiliki beberapa varian yaitu RX2101, RX2102, RX2103, dan RX2104. Dapat menggunakan smart sensor HOBO (Smart sensor dapat digunakan disemua tipe HOBO Weather Station). 

3. HOBO Automatic Weather Station U30

Fitur Unggulan

1. Seluruh komponen elektronik ditempatkan dalam case yang kokoh dan tahan cuaca.
2. Setup cepat dan mudah dengan sensor plug-and-play
3. Pemindahan data cepat melalui USB dengan software HOBOware Pro.
4. Input analog opsional dengan eksitasi sensor
5. Terdapat relay yang dapat diaktifkan pada kondisi alarm yang ditentukan oleh pengguna.

Stasiun cuaca yang kokoh untuk pemantauan lingkungan luar ruangan. Dapat dikonfigurasi dengan mudah untuk kebutuhan aplikasi tertentu, terdapat 15 buah slot smart sensor untuk mengumpulkan data lingkungan dan kemudian mengunggahnya ke software HOBOware untuk dianalisis. Memiliki kapasitas memori sebesar 512 Kb, dan baterai 4 Volt, 10 AHr, rechargeable sealed lead-acid. Baterai yang dapat direcharcge ini dapat bertahan selama 3 hingga 5 tahun. Tersedia paket weathet station U30-NRC-SYS-C yang terdiri dari :
1. HOBO U30 NRC data logger with 10 inputs (U30-NRC-000-10-S100-000 )
2. 5W Solar Panel – SOLAR-5W
3. Temperature/RH Smart Sensor with 2-meter cable – S-THC-M002
4. Wind Speed Smart Sensor with 3-meter cable – S-WSB-M003
5. Wind Direction Smart Sensor with 3-meter cable – S-WDA-M003
6. Full Crossarm for Wind Speed/Direction sensors – M-CAA
7. Solar Radiation Shield for Temperature & RH sensor – RS3-B

4. HOBO H21-USB Microstation

Fitur Unggulan

1. Ukuran yang ringkas dapt memudahkan pemasangan.
2. Tahan cuaca di lingkungan ekstrem, serta sudah IP66.
3. Menggunakan software HOBOware pro via USB.
4. memiliki 5 buah slot/konektor smart sensor
5. Hanya menggunakan 4 buah baterai AA yang dapat digantio oleh pengguna/user.

Ukurannya yang ringkas membuat HOBO H21-USB sangat mudah dipasang dan dioperasikan, memiliki 5 buah konektor smart sensor dan hanya menggunakan 4 buah baterai AA 1.5V alkaline yang dapat diganti oleh pengguna. Mikrostation ini menggunakan HOBOware Pro software untuk setup dan pengambilan data via USB. Terdapat memori dengan kapasitas 512Kb dan beberapa indikator LED dari baterai, memori, logging, dan lain – lain.

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga