Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Instalasi dan Training Automatic Weather Station di Laboratorium Pengamatan Hama Yogyakarta

Pada tanggal 18 hingga 22 Desember 2023, tim Taharica berangkat ke Laboratorium Pengamatan Hama dan Penyakit Tanaman di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melakukan pemasangan dan training alat pemantau cuaca atau Automatic Weather Station dari Rikasensor. AWS ini dibutuhkan untuk mengamati perubahan cuaca atau lingkungan yang berkaitan dengan penelitian hama dan penyakit tanaman untuk keperluan pertahanan pangan di Indonesia.

Laboratorium Pengamatan Hama dan Penyakit Tanaman (LPHPT) berada di bawah UPT Balai  Proteksi Tanaman Pertanian (BPTP) yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di lingkup Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan Pergub DIY No. 96 Tahun 2018, UPT BPTP   mempunyai tugas melaksanakan proteksi tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan untuk meningkatkan persentase pertanaman aman dari serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) dan dampak perubahan iklim (DPI). 

LPHPT Bantul, Yogyakarta

PT Taharica memberikan solusi pemantauan cuaca menggunakan automatic weather station budget, dimana aws dari Rika Sensor ini cukup terjangkau dari segi harga, namun memiliki kualitas yang sangat baik. Memiliki fitur lengkap dan dapat melakukan pemantauan jarak jauh menggunakan software.

Rika Weather Station berbasis pada data logger yang mengukur sensor, kemudian memproses, menyimpan, dan mengirimkan data. Interval perekaman data dapat diprogram secara independen. Pencatat data kami memiliki rentang suhu pengoperasian yang luas, interval eksekusi yang dapat diprogram, dan saluran masukan yang luas untuk sensor yang umum digunakan. Kebanyakan sensor dapat diukur secara langsung—tanpa pengondisian sinyal eksternal.

Rika Sensors, sebagai produsen stasiun cuaca otomatis profesional, telah bekerja dengan sempurna di stasiun cuaca untuk luar & dalam ruangan. Stasiun pemantauan cuaca digunakan di berbagai industri seperti pertanian, pemantauan hidrologi, pemantauan budidaya perikanan, aplikasi industri dan keperluan rumah tangga. Menampilkan pengukuran akurat, kebutuhan daya rendah, dan kinerja stabil dalam kondisi cuaca ekstrem.

Tim kami melakukan pemasangan automatic weather station di area depan gedung LPHPT Bantul, yogyakarta atas arahan dari Bapak Nurwidada selaku kepala LPHPT Bantul. Training mengenai AWS ini dilakukan di ruangan kelas gedung LPHPT, Berikut dokumentasi pemasangan alat pemantau cuaca otomatis Automatic Weather Station dari Rika Sensor :

Previous slide
Next slide

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga