Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Melindungi Kualitas Sumber Daya Paling Vital untuk Kehidupan Manusia

Alat Ukur Kualitas Air HOBO Data Logger Dissolve Oxygen (DO)

Alat perekam HOBO U26 Dissolved Oxygen Data Logger membantu peneliti untuk memantau kualitas air dan habitat salmon Chinook.

Kualitas air mengacu pada sifat kimia, fisik, dan biologi air berdasarkan standar penggunaanya. Ini paling sering digunakan dengan merujuk pada seperangkat standar yang dapat dinilai kepatuhannya, yang umumnya dicapai melalui pengolahan air. Standar yang paling umum digunakan untuk memantau dan menilai kualitas air menyampaikan kesehatan ekosistem, safety of human contact, perluasan pencemaran air dan kondisi air minum. Kualitas air memiliki dampak yang signifikan terhadap pasokan air dan seringkali menentukan opsi pasokan.

Contoh Masalah

Pengalihan air untuk irigasi dan penggunaan lainnya, bersamaan dengan pembangunan tanggul untuk mencegah banjir di daerah perkotaan dan pertanian, berdampak signifikan pada Sungai Sacramento di California. Tindakan ini telah membawa perubahan pada rezim aliran alami di Lembah Sungai Sacramento yang tampaknya berkontribusi terhadap penurunan populasi salmon asli Chinook di sana.

Seorang peneliti dari University of California, Davis menerima hibah untuk mempelajari jaring makanan di berbagai ekosistem Lembah Sungai Sacramento (sungai, lahan basah dataran banjir yang berdekatan, dan kanal drainase di dataran banjir) untuk mengidentifikasi faktor terpenting untuk mendukung pertumbuhan salmon yang sehat dan memprioritaskan upaya pemulihan sungai.

Meskipun banyak parameter kualitas air yang signifikan untuk penelitian ini dapat diukur dengan instrumen genggam dan analisis lab selanjutnya dari sampel air, peneliti menetapkan bahwa pengukuran kadar oksigen terlarut (DO) secara terus menerus akan sangat penting untuk penelitian ini, jadi dia menghubungi ke Onset untuk solusi yang nyaman dan terjangkau.

Solusi

Onset merekomendasikan HOBO U26 Dissolved Oxygen Data Logger yang hemat biaya dan mudah dirawat untuk pengukuran dan pencatatan DO dan suhu air secara terus-menerus pada interval 15 menit selama studi 23 hari. Dengan harga U26 yang terjangkau, tim peneliti dapat membeli banyak data logger untuk memantau berbagai lokasi secara bersamaan.

HOBO Waterproof Data Shuttle memudahkan tim untuk mengunduh data, tanpa harus membawa komputer ke lapangan. Dan perangkat lunak HOBOware Pro dari Onset memfasilitasi ekspor sederhana DO dan data suhu untuk diimpor ke paket pemodelan USGS-R/streamMetabolizer untuk perhitungan parameter metabolisme aliran utama: produktivitas primer bruto (GPP), respirasi ekosistem (ER), dan produktivitas ekosistem bersih (NEP). Tutup sensor DO U26 yang dapat diganti oleh pengguna, yang bertahan hingga enam bulan, memudahkan pemeliharaan logger dan keakuratan pengukurannya, tanpa harus mengirimnya kembali ke pabrik untuk diservis.

Hasil

Data dari HOBO U26 Data Logger menunjukkan suhu air rata-rata lebih tinggi dan tingkat DO lebih bervariasi dan rata-rata sedikit lebih rendah di lahan basah dataran banjir, di mana kepadatan zooplankton berkorelasi dengan tingkat pertumbuhan lima kali lebih cepat daripada yang terlihat pada salmon yang dibesarkan di habitat sungai. .

Dengan pengetahuan yang diperoleh dari studi tersebut, tim peneliti dapat membuat keputusan berdasarkan informasi mengenai lokasi ideal dan pendekatan terbaik untuk restorasi sungai yang mendukung pemulihan populasi salmon Chinook.

Salah satu parameter untuk mengukur kualitas air yaitu pH.

HOBO U26 Dissolved Oxygen

Data Logger terjangkau dan tepat yang mengukur konsentrasi oksigen di danau, sungai, sungai, muara, dan perairan pesisir.

alat perekam ph air

HOBO pH Data Logger

Dirancang untuk pemantauan pH jangka panjang dengan memanfaatkan teknologi bluetooth untuk akses data melalui smartphone.

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga