Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Mempelajari Dampak Perubahan Iklim terhadap Organisme Laut dengan Data Logger

Studi kasus penggunaan HOBO Data Loggers untuk memahami respons organisme laut terhadap perubahan iklim oleh para peneliti di Sathyabama Institute di India.

Dalam menyelidiki respons organisme laut terhadap perubahan kondisi iklim, tim ahli biologi kelautan dari pusat studi perubahan iklim Sathyabama Institute of Science & Technology, Chennai, India mencari produk pemantauan untuk pengumpulan data kualitas air secara terus-menerus dalam jangka panjang, termasuk pengukuran oksigen terlarut (DO), suhu, dan pH.

Solusi

Karena mempunyai pengalaman positif menggunakan data logger HOBO pada proyek sebelumnya, para peneliti menghubungi Onset untuk membeli jenis alat alat pemantauan berikut: HOBO Dissolved Oxygen Data Logger, HOBO Pendant Temp/Light Data Logger, HOBO Waterproof Shuttle, dan HOBOware Pro Software untuk pengunduhan dan analisis data; serta  HOBO pH dan temperatur bluetooth data logger, yang bekerja menggunakan aplikasi HOBOconnect gratis untuk mengunduh data secara wireless ke ponsel atau komputer Windows.

Hasil

Data logger dipasang di dalam tangki akuarium yang termasuk bagian dari penelitian tim laboratorium di Chennai, serta dipasang di lokasi penelitian bawah air Teluk Palk, di sepanjang pantai Rameswarm India. Setiap hari, tim peneliti mengumpulkan data dari pH dan dissolved oxygen data logger dan untuk Pendant light/temperature logger data diambil setiap 10 hari. Dengan menghubungkan data yang dikumpulkan tersebut, para peneliti dapat memperoleh pemahaman yang baik tentang variasi diel dalam DO , suhu, pH, di lingkungan alami seperti padang lamun atau seagrass meadows.

Sumber : Using Data Loggers to Study the Effects of Climates Change on Marine Organism.

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga