Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Pelatihan Penggunaan FAKOPP Root Detector dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta

Pada tanggal 19 September 2023 telah dilaksanakan pelatihan alat Pendeteksi Akar FAKOPP Root Detector bersama Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta di Taman Suropati, Jakarta Pusat. Peserta yang hadir meliputi Ketua Satpel Pelayanan DKI, Sudin Pusat, dan beberapa perwakilan Unit Pengelola Pengembangan Tanaman Perkotaan seluruh DKI Jakarta.

Alat Pendeteksi Akar FAKOPP Root Detector

FAKOPP Root Detector merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi akar pohon, berguna untuk melihat besaran akar pohon dan persebaran akar pohon. Cara kerja alat ini cukup sederhana, yaitu menggunakan gelombang suara yang dihasilkan dengan cara mengetuk sensor pemancar yang terhubung pada batang pohon sebanyak 3 kali, kemudian gelombang tersebut diterima oleh sensor penerima yang ditancapkan pada tanah. Seperti gambar di bawah berikut.

fakopp root detector alat pendeteksi akar
cara kerja FAKOPP root detector

Data kecepatan gelombang suara akan dikirim ke perangkat lunak untuk dianalisis dan dibentuk grafik sebaran aslinya. Data ini juga dapat diekspor ke Excel dan dikonversi menjadi grafik persebaran akar yang lebih detail.

hasil pengujian alat pendeteksi akar FAKOPP Root Detector
Data dan grafik hasil pengujian di software
hasil pengujian alat pendeteksi akar FAKOPP Root Detector
Data diekspor ke Excel untuk membuat grafik akar yang lebih detail

Komponen

Terdapat beberapa komponen pada FAKOPP Root Detector yaitu :

SD02 Piezo Sensor

Link Cable

Battery Box

Meteran

Buku Manual

Soil Sensor

Dual Amplifier Box

Palu Steel dan Rubber

Baterai 9V

Tali

Jika tertarik dengan FAKOPP Root Detector atau alat lainnya, dapat memesan melalui ikon Whatsapp di pojok kanan bawah web.

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga