Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Mengenal Roughness Tester, Alat Uji Kekasaran Permukaan Material

Roughness tester, atau juga bisa disebut surface roughness meter merupakan alat uji yang berfungsi untuk mengukur tingkat kekasaran permukaan material, baik itu logam maupun non logam. Alat ini memiliki karakteristik yaitu akurasi pengukuran yang tinggi, rentang pengukuran luas, mudah digunakan, portabel, dan hasil pengukuran yang stabil. Instrumen rougness tester biasanya bertipe pocket size, sehingga lebih nyaman dan mudah digunakan pada proses produksi serta didesain kokoh dan tahan lama.

Pocket / handheld roughness tester
Roughness tester dengan stylus

Aplikasi Surface Roughness Tester

Apa saja hal yang bisa dilakukan oleh roughness tester? berikut adalah daftarnya:

  1. Industri manufaktur proses mekanikal, utamanya industri logam. Roughness tester awalnya diproduksi untuk mengukur tingkat kekasaran permukaan dari mesin – mesin industri. Untuk itu roughness tester bertipe stylus lebih cocok untuk menguji permukaan logam yang sangat kasar dan keras. Contohnya, manufaktur suku cadang mobil, manufaktur suku cadang mekanis, dan lain -lain. Selama industri pemrosesan dan manufaktur melibatkan kualitas permukaan material, pengukur kekerasan sangatlah penting.
  2. Industri manufaktur non metal. Dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin banyak material baru yang diterapkan pada teknologi pengolahan seperti keramik, plastik, polyethylene, dan lain -lain. beberapa bearing, kini terbuat dari bahan keramik khusus. Sementara itu pompa, pipa, dan lainnya terbuat dari bahan polyethylene. Material ini bersifat keras dan dapat menggantikan logam dalam pembuatan suatu benda. Kekasaran permukaan dari material tersebut juga perlu diukur atau diuji selama proses produksi.
  3. Karena teknologi dan fungsi pengukur kekasaran terus ditingkatkan, serta promosi dan penerapan yang lebih mendalam, semakin banyak industri yang membutuhkan pengujian kekasaran permukaan. Selain proses manufaktur dan mekanikal, pengujian kekasaran juga diperlukan pada industri tenaga listrik, komunikasi, dan elektronik. Pengujian kekasaran juga diperlukan selama proses produksi coupling pada sakelar dan manufaktur sirkuit semikonduktor. Bahkan alat tulis, peralatan makan, dan permukaan gigi manusia memerlukan pemeriksaan kekasaran permukaan.

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga