Tips Memilih Data Logger

Akurasi & Resolusi Pengukuran

Memahami kebutuhan akurasi pengukuran
Jangan membayar untuk akurasi yang tidak Anda butuhkan. Pemantauan suhu di laboratorium penelitian mungkin memerlukan akurasi yang jauh lebih besar daripada pemantauan suhu di ruang kantor.

Spesifikasi akurasi sangat bervariasi
Cari bagan yang menunjukkan akurasi pada seluruh rentang pengukuran, bukan hanya satu nilai. Keakuratan yang dicapai logger pada ujung tinggi atau rendah dari rentang tertentu mungkin jauh berbeda dari akurasi rentang menengahnya.

Resolusi pencatat data
Resolusi yang lebih tinggi (jumlah peningkatan nilai yang dapat dilaporkan oleh data logger) tidak selalu berarti pengukuran yang lebih baik – jadi logger dengan resolusi 8-bit, bukan 12-bit, mungkin yang Anda butuhkan.

Konsultasikan dengan pemasok data logger yang berpengalaman
Jika Anda tidak yakin tentang persyaratan akurasi dan resolusi untuk aplikasi pemantauan spesifik Anda, pemasok pencatat data yang berpengalaman dapat membantu menentukan produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baik Anda pengguna data logger berpengalaman ataupun baru memulai, mempertimbangkan faktor-faktor penting ini akan membantu memastikan bahwa Anda memilih solusi pemantauan yang tepat untuk Anda.

Opsi Akses Data

Data USB

Data yang dikumpulkan diunduh langsung dari data logger ke komputer melalui antarmuka USB, atau melalui opsional perangkat "transfer data" , menghilangkan kebutuhan untuk membawa komputer Anda ke lapangan.

Data logger Teknologi Bluetooth

Data yang dikumpulkan ditransmisikan secara nirkabel ke perangkat seluler atau komputer Windows dalam jarak 100 kaki dari logger – ideal untuk memantau penyimpanan pendingin atau area yang sulit dijangkau. Tambahkan perangkat gateway dan data dapat secara otomatis ditransmisikan ke cloud untuk akses jarak jauh.

Sistem Pencatatan Data Berbasis Web

Untuk akses jarak jauh real-time ke data di cloud melalui seluler, Wi-Fi, atau Ethernet, sistem berbasis web bekerja dengan berbagai sensor plug-and-play dan/atau nirkabel. Sistem ini juga dapat dikonfigurasi untuk mengirim peringatan teks/email otomatis jika pengukuran melebihi ambang batas yang ditetapkan

Kemampuan Perangkat Lunak

Untuk pencatat data USB

Cari pencatat data yang berfungsi dengan paket perangkat lunak yang kompatibel dengan Microsoft atau Apple yang dimana:

  • Sangat intuitif, sehingga kurva belajarnya minimal
  • Memungkinkan Anda mengonfigurasi logger dan membongkar data dengan kesederhanaan titik-dan-klik
  • Termasuk paket opsional untuk mengonfigurasi batch dengan cepat dan membacakan banyak logger
  • Menawarkan kemampuan merencanakan data yang kuat dan mengekspor data dengan mudah ke program lain (seperti Microsoft Excel) untuk analisis

Untuk logger berkemampuan Bluetooth

Hanya aplikasi yang Anda butuhkan untuk mengonfigurasi logger berkemampuan Bluetooth dan mengelola data, jadi cari logger yang berfungsi dengan aplikasi gratis yang memungkinkan Anda dengan mudah:

  • Lihat data dalam grafik, periksa status operasional logger, bagikan file data, dan simpan data di cloud
  • Siapkan pemberitahuan alarm yang dapat didengar, sehingga Anda diperingatkan jika ada masalah

Untuk sistem pencatatan data berbasis web

Untuk sistem berbasis web, cari platform perangkat lunak berbasis cloud yang dimana:

  • Menawarkan berbagai paket data yang terjangkau (atau bahkan gratis)
  • Mengirim pesan teks dan/atau email otomatis
  • Memungkinkan Anda dengan mudah mengonfigurasi sensor, kecepatan pencatatan, pemberitahuan alarm, dan banyak lagi
  • Menampilkan dasbor yang dapat disesuaikan untuk visualisasi data instan

Daya Tahan

Pertimbangkan lingkungan atau Lokasi Pemasangan Data Logger
Pastikan enklosur logger dapat tahan terhadap kondisi lingkungan tempat Anda berencana untuk menyebarkannya. Kandang plastik keras sudah cukup untuk aplikasi dalam ruangan, tetapi Anda mungkin memerlukan selungkup pelindung kelembaban, atau selungkup tahan air untuk aplikasi pemantauan air.

Untuk penerapan di lingkungan yang sangat keras, tanyakan kepada pemasok tentang ketersediaan kotak pelindung atau aksesori enklosur lainnya untuk memastikan penyimpanan peralatan dan data Anda.

Daya Tahan Baterai

Masa pakai dapat sangat bervariasi
Data Logger adalah perangkat berdaya sangat rendah, tetapi karena digunakan dalam berbagai kondisi lingkungan dan sampel pada tingkat yang berbeda, masa pakai baterai dapat sangat bervariasi. Sebagai aturan umum, pastikan logger yang Anda pilih memiliki masa pakai baterai minimal satu tahun.

User-replaceability
Baterai yang dapat diganti pengguna menghilangkan kerumitan pengiriman logger kembali ke produsen untuk penggantian baterai. Dan pencatat data yang berjalan dengan baterai rumah tangga standar menawarkan kenyamanan yang lebih besar daripada yang membutuhkan baterai khusus.

Apa itu Data Logger ?

Data logger adalah perangkat kompak bertenaga baterai yang dilengkapi dengan mikroprosesor internal, penyimpanan data, dan satu atau lebih sensor atau port sensor. Pencatat data dapat digunakan dan dibiarkan tanpa pengawasan di berbagai lingkungan untuk merekam pengukuran pada interval yang ditentukan hingga bertahun-tahun pada suatu waktu.

Apa saja jenis-jenis data logger?

Data USB

Untuk pencatatan historis dengan pembongkaran manual

data logger dengan dukungan Bluetooth

Untuk pencatatan historis dengan pembongkaran data Bluetooth atau koneksi melalui gateway ke internet

Sistem pencatatan data berbasis web

Untuk akses data real-time melalui internet, dari mana saja, plus notifikasi alarm

Langkah-langkah dasar untuk menggunakan pencatat data yang mendukung USB atau Bluetooth

Langkah-langkah dasar untuk menggunakan sistem berbasis web

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga