Bagaimana Cara Mengukur PH Air?

pH adalah ukuran keasaman atau kebasaan suatu larutan, termasuk air. Nilai pH dapat bervariasi dari 0 hingga 14, di mana nilai pH 7 dianggap netral, pH di bawah 7 dianggap asam, dan pH di atas 7 dianggap basa.

Kualitas air sangat penting bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang pH air.

pH yang tidak seimbang dapat mempengaruhi kualitas air dan kesehatan manusia. Air dengan pH yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pipa dan sistem penyediaan air, serta merusak tanaman dan hewan dalam lingkungan.

pH air yang terlalu asam atau terlalu basa juga dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Air asam dapat menyebabkan kerusakan gigi, iritasi kulit, dan memperburuk kondisi medis seperti asma. Sementara air basa dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan menyebabkan kerusakan pada kulit dan mata.

pH yang optimal bervariasi tergantung pada penggunaan air tersebut. Air minum biasanya memiliki pH antara 6,5 hingga 8,5. Untuk akuarium biasanya antara 7,0 hingga 8,5. Sedangkan pH air untuk pertanian dapat bervariasi tergantung pada jenis tanaman yang ditanam.

Ada beberapa cara untuk mengukur pH air, seperti menggunakan alat pengukur pH, indikator pH, kertas lakmus, bubuk pH, atau aplikasi pengukur pH. Namun, cara yang paling akurat dan mudah adalah menggunakan alat pengukur pH.

Alat pengukur pH terdiri dari elektroda pH dan layar digital yang menampilkan pH air. Anda cukup memasukkan elektroda ke dalam air dan membaca hasilnya pada layar. Pastikan untuk mengikuti instruksi yang tepat pada alat pengukur pH yang digunakan untuk memastikan akurasi pengukuran.

1. Menggunakan alat pengukur pH air

Salah satu cara paling mudah dan akurat untuk menguji pH air adalah dengan menggunakan alat pengukur pH. Alat ini biasanya terdiri dari elektroda pH dan layar digital yang menampilkan nilai pH. Anda cukup memasukkan elektroda ke dalam air dan membaca hasilnya pada layar.

2. Menggunakan indikator pH

Indikator pH adalah zat kimia yang dapat menunjukkan keasaman atau kebasaan suatu larutan berdasarkan perubahan warna. Ada beberapa jenis indikator pH yang tersedia, seperti lakmus, fenolftalein, atau metil jingga. Anda dapat menambahkan tetes indikator pH ke dalam air dan membandingkan warna air dengan kisaran warna yang telah ditentukan untuk mengetahui pH air.

3. Menggunakan kertas lakmus

Kertas lakmus adalah kertas yang telah direndam dalam indikator pH lakmus. Anda cukup mencelupkan kertas lakmus ke dalam air dan menunggu beberapa detik untuk melihat perubahan warna pada kertas. Jika kertas berubah menjadi merah, air bersifat asam. Sedangkan jika kertas berubah menjadi biru, air bersifat basa.

4. Menggunakan bubuk pH

Bubuk pH adalah bubuk yang terdiri dari zat kimia yang dapat menunjukkan keasaman atau kebasaan suatu larutan. Anda cukup menambahkan bubuk pH ke dalam air dan membaca perubahan warna pada air. Biasanya, kisaran warna dan pH yang sesuai akan dicantumkan pada kemasan bubuk pH.

Data Logger pH Air

alat perekam ph air

Alat Perekam pH Air HOBO MX2501

Mengukur dan merekam pH serta suhu air secara otomatis.

HOBO pH dan temperature data logger MX2501 dirancang untuk memantau pH jangka panjang di muara, danau, sungai, dan lautan. Logger ini menggunakan teknologi Bluetooth untuk berkomunikasi secara nirkabel dengan aplikasi HOBOconnect gratis milik Onset yang berjalan pada perangkat seluler atau komputer Windows Anda, membuat pengaturan logger, kalibrasi, dan pengambilan data menjadi cepat dan mudah. Selain itu, proses kalibrasi pH yang dipandu dalam aplikasi HOBOconnect membuat proses yang sebelumnya rumit menjadi lebih mudah diikuti. Logger yang terjangkau dan kompak ini memberikan data dengan resolusi tinggi dan secara dramatis mengurangi waktu dan usaha yang diperlukan untuk mengumpulkannya.

Fitur

Kalibrasi pH yang dipandu dengan mengikuti petunjuk layar dalam aplikasi HOBOconnect.

  • Casing PVC tangguh untuk ditempatkan baik di lingkungan air tawar maupun air laut.
  • Pengambilan data cepat dan mudah melalui Bluetooth ke perangkat seluler atau komputer Windows.
  • Sistem deteksi air untuk masa pakai baterai yang lebih lama dan perawatan yang lebih sedikit.
  • Elektroda pH potensiometrik dengan badan plastik, elektrolit gel, dan junction kain ganda.
  • Baterai, elektroda pH, dan pelindung tembaga anti-biofouling dapat diganti oleh pengguna.
  • Akurasi ± 0,10 unit pH dalam ± 10°C dari suhu pada saat kalibrasi.

Produk ini juga tersedia di E-Katalog LKPP

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga