Apa Itu Dissolved Oxygen (DO)?

Berdasarkan Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat, Dissolved Oxygen atau Oksigen Terlarut adalah jumlah kadar oksigen yang ada di air. Air mendapatkan oksigen dari atmosfer bumi dan juga dari tumbuhan air. Air yang mengalir seperti sungai yang deras melarutkan lebih banyak oksigen dibandingkan dengan air tenang seperti kolam atau danau.

Mengapa penting untuk mengevaluasi oksigen terlarut?

Semua hewan yang hidup di air membutuhkan oksigen terlarut untuk bernapas. Tingkat oksigen yang rendah (hipoksia) atau tidak adanya oksigen (anoxia) dapat terjadi ketika bahan organik berlebih, seperti pertumbuhan alga dalam jumlah besar, diurai oleh mikroorganisme. Selama proses dekomposisi atau penguraian, oksigen terlarut (DO) dalam air terkonsumsi. Kadar oksigen yang rendah sering kali terjadi di dasar kolom air dan mempengaruhi organisme yang hidup di sedimen. Di beberapa perairan, kadar DO berfluktuasi secara periodik, musiman, dan bahkan sebagai bagian dari ekologi alami sumber daya perairan sehari-hari. Ketika tingkat DO turun, beberapa hewan sensitif mungkin menjauh, kesehatannya menurun, atau bahkan mati.

Salmon membutuhkan air yang kaya oksigen seperti di Ebright Creek, Washington.

Apa yang Dapat Diketahui oleh Oksigen Terlarut Tentang Kondisi Air?

DO dianggap sebagai ukuran penting kualitas air karena merupakan indikator langsung kemampuan sumber daya perairan untuk mendukung kehidupan akuatik. Menurut National Aquatic Resource Surveys (NARS), kadar DO diukur dengan alat pengukur kualitas air yang dikalibrasi, biasanya bersamaan dengan pengukuran suhu dan pH. Meskipun setiap organisme memiliki kisaran toleransi DO masing-masing, secara umum, kadar DO di bawah 3 miligram per liter (mg/L) perlu dikhawatirkan dan perairan dengan kadar di bawah 1 mg/L dianggap hipoksia dan biasanya tidak memiliki kehidupan.

Alat Ukur Kadar Oksigen Terlarut, HOBO Dissolved Oxygen Data Logger

HOBO U26-001 Dissloved Oxygen Data Logger merupakan alat ukur dan perekam data oksigen terlarut untuk air tawar maupun air asin yang memiliki rentang pengukuran 0 hingga 30 mg/L dengan akurasi 0.2 mg/L. Alat ini juga mengukur dan merekam suhu air -5 hingga 40°C . Menggunakan teknologi RDO® Basic (Rugged Dissolved Oxygen) optical DO membuat alat ini membutuhkan lebih sedikit perawatan dan kalibrasi yang tahan lama. Menggunakan HOBOware Pro Software untuk memulai konfigurasi, melihat tabel dan grafik data, mendownload data, serta mengekspor data oksigen terlarut dalam format excel (.xslx dan .csv). Software ini menggunakan teknologi data assistantyang  membantu mengoreksi penyimpangan pengukuran akibat fouling; memberikan konsentrasi DO yang disesuaikan dengan salinitas dan persen saturasi.

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga