Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Bagaimana Cara Kerja Sensor Tekanan?

Sensor tekanan telah menjadi alat yang berharga di banyak aplikasi, memantau tekanan juga dapat memberi tahu kita banyak hal. Namun, tidak semua tekanan diciptakan sama, jadi penting untuk memahami bagaimana cara kerjanya dan berbagai cara mengukurnya untuk memberikan informasi yang  dibutuhkan.

Cara kerja sensor tekanan

Pertama – tama, kita perlu mengetahuu berbagai macam tipe pengukuran tekanan, seperti yang dijelaskan di bawah ini :

  • Gauge pressure: tekanan yang relatif terhadap lingkungan
  • Absolute pressure: tekanan relatif terhadap ruang vakum murni
  • Differential pressure: perbedaan tekanan antara dua titik tertentu
  • Vacuum pressure: pengukuran negatif yang lebih kecil dari tekanan atmosfer sekitarnya

Saat mengukur berbagai jenis tekanan ini, semua sensor pada dasarnya bekerja dengan cara yang sama, yaitu dengan mengukur perubahan perbedaan tekanan dan mengubah informasi tersebut menjadi sinyal listrik, yang kemudian diubah menjadi data untuk pengguna. Transduser tekanan mengirimkan sinyal melalui jarak yang lebih jauh. Kalibrasi dan kompensasi suhu juga merupakan kunci pembacaan tekanan yang baik dan akurat.

So, mari kita lihat beberapa aplikasi pemantauan tekanan yang umum dan bagaimana sensor tekanan dapat membantu kita lebih memahami apa yang terjadi pada satu atau beberapa hal. 

Pemantauan tekanan untuk optimalisasi irigasi

Sensor tekanan dapat memberikan data real-time mengenai tekanan air dalam sistem irigasi. Informasi penting ini dapat membantu untuk menghemat air, meningkatkan produksi, dan pada akhirnya membantu untul mengembangkan praktik pertanian yang lebih berkelanjutan dan efisien.

Dengan mengukur kekuatan aliran air dalam sistem irigasi, Anda dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah untuk mengoptimalkan penggunaan air. Terlalu banyak tekanan dapat menyebabkan air terbuang dan merusak sistem irigasi. Terlalu sedikit akan menyebabkan tanaman menjadi kering dan kehilangan hasil panen. Beberapa kemungkinan penyebabnya? Kebocoran dan penyumbatan pada pipa. Dengan data sensor tekanan, petani dapat menentukan dan kemudian memperbaiki area yang bermasalah pada pipa untuk menyeimbangkan irigasi di seluruh lahan dan mencegah kelebihan air, kekurangan air, penyakit, dan kehilangan hasil panen.

Efisiensi irigasi yang lebih besar juga berdampak pada efisiensi energi. Sistem irigasi Anda tidak perlu bekerja lebih keras untuk mengkompensasi hilangnya tekanan yang menyebabkan lebih banyak penyiraman.

Baca Juga : Monitoring Proses Pengolahan Daging

Meningkatkan kinerja sistem HVAC menggunakan data tekanan

Dengan menyediakan data tentang berbagai aspek pengoperasian sistem HVAC, sensor tekanan dapat memainkan peran penting dalam mengoptimalkan kinerja sistem tersebut. Data sensor tekanan dapat digunakan untuk:

  1. Melacak laju aliran udara untuk memastikan ventilasi dan suhu optimal di seluruh bangunan
  2. Temukan filter kotor yang perlu diganti (ditandai dengan turunnya tekanan)
  3. Identifikasi kebocoran/area terbuka pada sistem saluran 
  4. Evaluasi performa kipas dan fungsi mesin lainnya

Pemilik gedung dan manajer fasilitas gedung biasanya juga menggunakan sensor tekanan untuk membantu memantau dan meningkatkan kinerja gedung dan peralatan secara keseluruhan. Solusi pencatatan data yang mengintegrasikan sensor tekanan sangat berharga untuk memantau hal-hal seperti kinerja pompa dan aliran udara terkompresi dalam aplikasi industri.

Pemilik gedung dan manajer fasilitas juga menggunakan sensor tekanan pengukur untuk membantu memantau dan meningkatkan kinerja gedung dan peralatan secara keseluruhan. Solusi pencatatan data yang mengintegrasikan sensor tekanan sangat berharga untuk memantau hal-hal seperti kinerja pompa dan aliran udara terkompresi dalam aplikasi industri.

Mengatasi permasalahan ini juga membantu pengelola gedung mencapai sasaran efisiensi energi dan menghemat biaya dengan memperkirakan kapan pemeliharaan diperlukan dan mencegah kebutuhan perbaikan yang mahal.

Memantau ketinggian air

Untuk pengelolaan lingkungan hidup, pengelolaan air limbah kota, dan berbagai aplikasi lainnya, pemantauan ketinggian air sangatlah penting. Misanya, membantu para ilmuwan dalam studi mereka tentang dampak perubahan iklim terhadap ekosistem perairan. Hal ini juga menginformasikan kepada tim fasilitas air limbah mengenai pasokan air yang memadai di tangki air yang telah diolah, mendeteksi banjir untuk mitigasi lahan basah, membantu manajer kota dalam melacak penipisan reservoir, dan masih banyak lagi.

Sensor tekanan merupakan bagian integral dari alat pemantauan (seperti pencatat data) yang digunakan untuk mengukur ketinggian air. Mereka menerjemahkan tekanan yang diberikan oleh air menjadi jaraknya ke permukaan. Mereka juga sering kali disertai dengan sensor tekanan barometrik, yang diperlukan untuk mengimbangi tekanan atmosfer, yang dapat mempengaruhi keakuratan pengukuran ketinggian air.

Beberapa jenis data logger ketinggian air

  • Submersible water level loggers
    Submersible berarti dapat tenggelam. Pencatat data submersif dengan sensor tekanan ditempatkan di dekat atau lebih dekat ke dasar sumber air, seperti tangki, sumur, atau waduk, dan ditarik secara berkala untuk mengunduh data tekanan.
  • Bluetooth water level loggers
    Memanfaatkan teknologi Bluetooth, pengguna dapat menyederhanakan pengumpulan data dengan memindahkan data secara wireless langsung ke aplikasi di perangkat seluler atau laptop.
  • Remote wireless water level monitoring sensor
    Sistem Pemantauan Ketinggian Air Jarak Jauh yang menghemat waktu menyederhanakan pengumpulan dan pengelolaan data ketinggian air, menggunakan satu stasiun seluler yang mengirimkan informasi hampir real-time dari sensor ketinggian air nirkabel langsung ke cloud.

Memantau kondisi lingkungan dengan weather station

Dan yang tak kalah pentingnya, kita tidak dapat berbicara tentang pengukuran tekanan tanpa menyebutkan salah satu penerapannya yang lebih umum: weather station atau stasiun cuaca. Kami dapat memberikan solusi pemantauan cuaca yang fleksibel dan berkelas penelitian, dan dengan alasan yang bagus! Kami menawarkan sejumlah opsi pemantauan jarak jauh IoT yang telah terbukti di lapangan yang mengintegrasikan sensor tekanan barometrik bersama dengan banyak sensor lainnya untuk mengukur berbagai kondisi cuaca.

Maka dari itu, pemantauan tekanan memiliki manfaat dalam setiap aplikasi kehidupan manusia, dan membantu menyelesaikan berbagai masalah pada industri.

Sensor – sensor dan data logger tekanan dapat dipesan melalui kami, menyesuaikan kebutuhan anda. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi WA 0812 1248 2471 (Bapak Alfin) atau klik ikon Whatsapp di sebelah kanan bawah layar.

Bagikan artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Baca Juga